raqqah suriahVirginia, LiputanIslam.com – Departemen Pertahanan Amerika Serikat (AS), Pentagon, menyatakan bahwa pasukan AS dan sekutunya sudah memulai serangan terhadap posisi-posisi kelompok teroris Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) di Suriah.

“Kami dapat memastikan bahwa pasukan AS dan pasukan bangsa-bangsa mitra telah melancarkan aksi militer anti teroris ISIS di Suriah dengan menggunakan paduan jet tempur, pengebom dan misil Tomahawk Land Attack,” ungkap juru bicara Pentagon Laksamana John Kirby, sebagaimana dikutip The Wire Selasa (23/9).

Dia tidak menyebutkan lokasi yang diserang pasukan AS dan sekutunya, namun New York Times (NYT) menyatakan serangan itu selain menyasar kota Raqqa yang merupakan pusat kekuasaan ISIS juga menjangkau kawasan perbatasan antara Irak dan Suriah. Dia tidak menyebutkan negara mana saja yang terlibat dalam serangan, tapi NYT melaporkan keterlibatan beberapa negara Arab sekutu AS.

John Korby menyatakan bahwa serangan itu sudah diputuskan sejak Senin kemarin (22/9) oleh komandan Komando Pusat atas izin dari Presiden AS Barack Obama selaku panglima tertinggi.

Sementara itu, Kementerian Luar Negeri Suriah menyatakan AS sudah memberitahu Duta Besar Suriah untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Bashar al-Jaafari bahwa AS akan memulai serangan udara terhadap ISIS di Raqqa.

Kantor berita Suriah, SANA, melaporkan bahwa serangan udara AS terhadap posisi-posisi ISIS di Raqqa dimulai sejak Selasa pagi. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL