Mideast EgyptKairo, LiputanIslam.com – Universitas al-Azhar, Kairo, Mesir, yang merupakan salah satu lembaga pendidikan paling berwibawa di kalangan Ahlussunnah Waljamaah mengeluarkan fatwa haram menonton dan menyebar luaskan video aksi-aksi kejam kelompok teroris Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS). Al-Azhar beralasan bahwa video-video tersebut mencoreng citra agama Islam.

Sebagaimana diberitakan Rai al-Youm Selasa (17/2/2015), al-Azhar dalam fatwa itu juga menyerukan kepada segenap media supaya “tidak menyebar luaskan aksi-aksi ganas dan mengerikan yang dilakukan oleh para berandal teroris, karena melukai rasa kemanusiaan.”

Al-Azhar mengingatkan bahwa penyebar luasan video keganasan ISIS tak ubahnya dengan merespon tujuan-tujuan jahat ISIS untuk mematahkan kehendak umat serta sejalan dengan klaim musuh-musuh Islam untuk menanamkan budaya Islamfobia.

“Islam dan semua agama berlepas tangan dari semua itu… Haram menonon video-video mengerikan seperti itu dan tidak boleh menyebar luaskannya,” tegas al-Azhar.

Fatwa ini dirilis al-Azhar dua hari setelah ISIS memublikasikan video penyembelihan 21 warga Kristen Koptik Mesir oleh ISIS di Libya yang kemudian disusul dengan serangan udara Mesir ke Libya. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL