palestina abdel bari atwanLondon, LiputanIslam.com – Jurnalis senior Timur Tengah (Timteng) Abdel Bari Atwan dalam editorialnya untuk situs berita online Rai al-Youm menyebut sepak terjang Amerika Serikat (AS) di Timteng sebagai biang kemunculan kelompok teroris Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) sehingga kemudian berkobar perang sesama bangsa Arab.

“Tak disangsikan lagi bahwa ‘Negara Islam’ (IS/ISIS) telah menjadi bahaya bagi pemerintah-pemerintah regional sekaligus interes AS, dan pada gilirannya juga menebar ketakutan di tengah ratusan juta umat Islam karena IS telah melakukan pembantaian sadis terhadap musuh-musuhnya sekaligus terhadap orang-orang yang tak berdosa, sebagaimana menimpa warga Kristen Koptik di Libya,” tulis Atwan.

Jurnalis asal Palestina yang tinggal di London, Inggris, ini menambahkan, “Namun demikian, AS-lah yang mengeluarkan monster ini dari dalam botolnya melalui pendudukan terhadap Irak, menyokong pemberontakan di Suriah, dan menjadikan Libya dan Yaman sebagai negara yang bangkrut. Karena itu, AS adalah pihak yang paling bertanggungjawab.”

Menurut Atwan, pendudukan AS atas Irak menjadi biang utama semua keburukan yang melanda Timteng. Dengan cara itu AS telah meniupkan spirit baru bagi jaringan teroris al-Qaeda dan mengacaukan keadaan sebagian negara penting Arab dan Islam sehingga membuat ISIS akhirnya merajalela.

Penulis kondang Arab ini juga menyebutkan bahwa AS telah membuat bangsa Arab berperang dengan sesama bangsa Arab sehingga yang menjadi musuh bukan lagi Israel, melainkan sesama bangsa Arab. Menurut Atwan, hal ini menjadi prestasi besar bagi Washington. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL