jenazah yazidi irakBaghdad, LiputanIslam.com –   Sebanyak 67 kerangka warga Irak penganut sekte Yazidi korban kebengisan kelompok teroris tersohor ISIS dimakamkan di Dahuk melalui sebuah prosesi khusus yang dihadiri oleh para pejabat dan tokoh masyarakat di komplek peziarahan Syeikh Syarafuddin di provinsi Dahuk, Irak, Kamis (13/8).

Kerangka warga penganut sekte minoritas Irak itu dievakuasi dari 12 kuburan massal yang ditemukan di kota Sinjar. Disebutkan bahwa mereka dibunuh gerombolan teroris ISIS dengan sangat keji, yaitu dikubur hidup-hidup.

“Sekarang masih ada tak kurang dari tujuh kuburan massal lagi di mana mayat-mayat yang terkubur di dalamnya masih belum dievakuasi. Semoga mayat-mayat itu dapat dievakuasi dan diidentifikasi secepatnya,” unkap wakil rakyat Yazidi di parlemen Irak, Fayan al- Dakhil, kepada IRNA.

Warga minoritas Yazidi itu menjadi korban keganasan ISIS tahun lalu ketika gerombolan teroris yang mengatasnamakan Islam ini menduduki kota Sinjar. Banyak laporan menyebutkan bahwa selain  membunuhi kaum pria Yazidi secara massal, ISIS juga menjadikan ribuan perempuan Yazidi sebagai tawanan dan budak seks yang juga diperjual belikan di pasar-pasar Mosul, Irak, dan Raqqah, Suriah. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL