mobil isis hancurmobil isis dibomBeirut, LiputanIslam.com – Lembaga Observatorium Suriah untuk HAM (SOHR) menyatakan sedikitnya 40 anggota kelompok teroris ISIS tewas di bagian tengah Suriah akibat serangan udara yang menimpa konvoi mobil ISIS, namun tidak jelas apakah serangan itu berasal dari Angkatan Udara Rusia atau Angkatan Udara Suriah.

“40 anggota ISIS tewas pada Sabtu malam Minggu akibat serangan beberapa jet tempur terhadap sebuah konvoi yang terdiri atas 16 mobil di timur Rif Hama, Suriah tengah. Semua mayat petempur ISIS yang tewas itu sudah ditemukan” ungkap Direktur Eksekutif SOHR, Sami Abdulrahman, kepada AFP.

Dia menambahkan, “Tak jelas apakah jet tempur yang menggempur konvoi ISIS itu milik tentara Suriah atau tentara Rusia, tapi pastinya bukan milik pasukan koalisi internasional yang dipimpin Washington.”

Menurutnya, konvoi itu diserang ketika sedang bergerak dari kota Raqqah yang menjadi sarang utama kawanan teroris di utara Suriah menuju kawasan-kawasan yang dikuasainya di bagian timur Rif Hama. Dia juga mengatakan bahwa meskipun tidak jelas pesawat penyerang itu milik siapa, tapi serangan jet tempur Suriah di kawasan ini hampir terjadi setiap hari.

Sementara itu, Kementerian Pertahanan (Kemhan) Rusia menyatakan jet-jet pembom negara ini Sabtu lalu (17/10) telah melakukan 39 penerbangan militer dan telah menghajar 51 target kelompok teroris ISIS di berbagai kawasan Suriah.

“Sepanjang siang dan malam terakhir, pesawat pembom Rusia telah membombardir sasaran-sasaran ISIS di provinsi Hama, Latakia, Damaskus dan Aleppo,” ungkap Kemhan Rusia dalam statemennya yang dirilis Minggu kemarin (18/10), sebagaimana dilansir IRNA.
Dijelaskan bahwa sasaran-sasaran yang hancur itu adalah empat markas komando, enam gudang amunisi dan senjata, markas satuan, dua bungker, 32 tempat perkumpulan, dan enam kubu pertahanan. Semua jet tempur Rusia yang dikerahkan dapat kembali ke pangkalannya dengan selamat usai menjalan misi serangan tersebut.

Statemen Kemhan Rusia juga menyatakan ISIS yang sudah terdesak hebat kini berusaha menggunakan bom mobil yang diparkir di jalan-jalan yang diperkirakan akan dilewati oleh pasukan Suriah yang terus bergerak maju di berbagai kawasan. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL