Mideast Iraq Syria SoccerBaghdad, LiputanIslam.com – Pasukan teroris Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) kembali membayar mahal atas kejahatannya di Irak. Rabu kemarin (8/10) lebih dari 120 anggota ekstrimis takfiri itu tewas diserang pasukan Irak di provinsi Diyala. Namun di saat satu helikopter Irak dilaporkan tertembak jatuh oleh petempur ISIS.

“Angkatan bersenjata Irak berhasil membunuh lebih dari 120 teroris ISIS dalam pertempuran sengit di dua kawasan Hamrain dan Mansuriyah di provinsi Diyala,” ungkap komandan Operasi Dajlah Letjen Abdulamir al-Zaidi, sebagaimana dilansir al-Youm al-Sabea.

Dia menambahkan bahwa pasukan Irak juga telah menggempur markas utama pasukan ISIS di pegunungan Hamrain, mengakibatkan lima unit kendaraan tempur mereka hancur.

“ISIS telah kehilangan semua pangkalannya di pegunungan Hamrain dan sudah tidak ada tempat lagi yang aman bagi mereka di provinsi Diyala,” paparnya.

Laporan lain dari seorang pejabat keamanan provinsi Salahuddin menyebutkan empat teroris tewas dan tiga lainnya cidera terkena serangan mortir pasukan Irak terhadap posisi-posisi ISIS di kawasan Albu Jawari di timur laut kota Samarra.

Bersamaan dengan ini, Komando Operasi Anbar menyatakan 300 tentara Irak telah bebas dari kepungan pasukan teroris di provinsi Anbar.

“Angkatan bersenjata bekerjasama dengan Badan Anti Teror dan pasukan reaksi cepat serta didukung oleh pasukan udara telah melancarkan operasi militer secara masif di timur Ramadi, ibu kota provinsi Anbar, dan berhasil memecah kepungan ISIS terhadap tiga brigade yang terdiri atas 300 prajurit dan perwira Irak, dan dengan demikian mereka lolos dari cengkraman ISIS,” ungkap Jenderal Rashid Falih, komandan Operasi Anbar, sebagaimana dikutip al-Masr al-Youm.

Dia menjelaskan, “Dalam operasi ini pasukan Irak terlibat pertempuran sengit melawan para anggota ISIS dan berhasil membunuh beberapa orang di antara mereka serta menimpakan banyak kerugian berat pada perlengkapan perang mereka.”

Ratusan Teroris Masuk Dari Suriah

Kepolisian provinsi Anbar menyatakan sebanyak 400 teroris bersenjata telah masuk dari wilayah Suriah ke wilayah Irak bersama konvoi kendaraan dan perlengkapan perang mereka.

“Para teroris ini masuk melalui wilayah perbatasan Bukamal di kawasan Qaim di bagian barat provinsi Anbar. Menurut informasi yang di dapat pasukan keamanan provinsi ini, para teroris itu masuk ke kawasan Qaim dengan mobil-mobil pribadi dan militer serta membawa banyak perlengkapan perang, senjata dan roket,” ujar seorang pejabat kepolisian provinsi Anbar kepada al-Mada Pers.

Satu Helikopter Irak Tertembak Jatuh

Seorang pejabat angkatan udara Irak menyatakan satu helikopter tentara Irak jenis Bell 407 tertembak jatuh oleh teroris ISIS di sebuah kawasan di utara kota Beiji, mengakibatkan pilot dan co-pilotnya tewas Rabu kemarin.

Sebagaimana dilaporkan Associated Press , pejabat yang meminta namanya tidak disebutkan itu mengatakan helikopter itu tertembak jatuh oleh petempur ISIS dengan menggunakan misil panggul.

Jumat lalu helikopter Irak jenis MI-35 juga tertembak jatuh di sekitar kota yang sama dan menyebabkan pilot dan co-pilotnya tewas.

Beiji merupakan kota kilang minyak terbesar di Irak yang terletak di sekitar 200 kilometer utara Baghdad. ISIS berulangkali berusaha merebut kilang itu namun dipertahankan oleh pasukan Irak. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL