ISIS SomaliaMogadishu, LiputanIslam.com — Kelompok teroris transnasional Islamic State of Iraq and Syria (ISIS) dilaporkan telah mengembangkan sayapnya ke Somalia. Praktis, hal ini membuat negara tetangganya, Kenya, turut mengambil langkah-langkah antisipasi

“Anggota teroris tersebut datang dari Yaman, dan mereka melakukan pelatihan untuk menyiapkan serangan massal,” terang narasumber, seperti dilansir Al Ahed (7/5/2016).

Lebih lanjut disampaikan bahwa sayap ISIS tersebut mendapatkan senjata yang dikirimkan dari kota Mukalla, Yaman. Selain senjata, mereka juga mendapatkan kiriman pakaian seragam dan kedatangan pelatih.

Pada hari Selasa lalu, pasukan komando Somalia menyerbu basis pelatihan ISIS di Jenale, Shabelle Tengah, dan berhasil menghancurkannya. Sejumlah anggota teroris tewas.

Laporan lebih lanjut dari media-media Somalia menyatakan bahwa pihak berwenang Somalia masih memburu para pelatih dan anggota teroris yang lolos.

ISIS di Somalia diyakini merupakan pecahan dari kelompok Al-Shabab. Anggota Al-Shabab yang mengekor pada Sheikh Muumin mundur dari kelompok tersebut, dan mendirikan kelompok jihad baru yang pro-ISIS. Pembelotan ini diyakini telah menciptakan permusuhan antar kedua faksi. Apalagi, sejak tahun lalu, ISIS telah berusaha membujuk Al-Shabab untuk memutuskan hubungan dengan Al-Qaeda. (ba)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL