Foto: Press TV

Foto: Press TV

Deir Ezzor, LiputanIslam.com — Kelompok teroris takfiri Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) dilaporkan telah mengeksekusi 16 warga sipil di Deir Ezzor, dan 1 orang warga di kota Raqqa, Suriah. Hal ini disampaikan oleh Syrian Observatory for Human Rights (SOHR).

“Mereka dieksekusi dengan tuduhan melawan ISIS. Jadi eksekusi ini merupakan pesan yang ingin disampaikan ISIS kepada semua orang, bahwa, hal inilah yang akan terjadi pada siapapun yang berani menentang ISIS,” jelas SOHR, seperti dilansir presstv.com, 16 Januari 2015.

Saat ini, sebagian besar wilayah Raqqa dan Deir Ezzor masih berada di bawah kontrol ISIS.

Seperti diketahui, anggota yang ISIS berasal dari berbagai negara, telah melakukan kejahatan kemanusian terhadap warga sipil di wilayah yang berhasil mereka kontrol. Penggal kepala, penyaliban atau penembakan, kerap mereka lakukan tanpa pandang bulu. Dilaporkan, lebih 200.000 orang telah tewas akibat krisis di Suriah yang bermula sejak September 2011.

Perkembangan Pertempuran di Suriah

Sementara itu, Tentara Suriah yang dibantu oleh Tentara Pertahanan Nasional (NDF), tengah melakukan operasi militer terhadap kelompok militan Front Islam (Jabhat Al-Islamiyyah) di Khan Touman, Aleppo. Aksi ini berhasiil menghancurkan 4 truk, dan menewaskan sekitar 9 orang teroris.

Dari laporan al-masdarnews.com, 16 Januari 2015, Front Islam melakukan serangan di Al-Manaasher, untuk merebut wilayah ini yang sebagiannya berada di bawah kendali Tentara Suriah. Hanya saja, serangan ini tidak berhasil.

Di kawasan Al-Bureijj,  Front Islam dan Tentara Suriah juga terlibat bentrokan sengit. Disebutkan, korban jatuh dari kedua belah pihak, hanya saja, sumber terkait tidak memberikan rincian lebih lanjut.

Sedangkan bentrokan yang paling mematikan terjadi di kawasan Bayyaanoun, Aleppo. Tentara Suriah, NDF dan Hizbullah bekerja sama menyerang tempat persembunyian milik kelompok Harakat ‘Ahrar Al-Sham, yang berhasil menewaskan setidaknya 11 orang teroris, 3 lainnya ditangkap. (ba)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*