Klik untuk memperbesar

Klik untuk memperbesar

LiputanIslam.com — Usai sudah pemusnahan senjata kimia. Seperti yang dilaporkan pengawas senjata kimia di Suriah, bagian terakhir dari stok senjata telah dikirim untuk dihancurkan ke laut.

PBB pun telah mengaku puas atas kerjasama dari pihak pemerintah Suriah untuk bersama-sama memusnahkan senjata kimia, demikian keterangan Syrian Free Press, 24 Juni 2014.

Pemusnahan senjata kimia ini merupakan implementasi dari proposal yang diajukan Rusia pada tahun 2013, untuk menghindari intevensi militer yang hendak dilakukan Amerika Serikat. Assad pernah mengungkapkan, bahwa Suriah bersedia memusnahkan semua senjata kimia miliknya dengan syarat Amerika berhenti mendukung pemberontak, berhenti mengancam, berhenti berusaha untuk menyerang Suriah dan juga berhenti mengirimkan senjata kepada para militan.

Dan kini, tak ada lagi senjata kimia di Suriah. Lantas, apakah Amerika Serikat  memenuhi syarat yang diajukan Bashar al-Assad?

Tidak, minggu ini, Obama malah meminta kepada Kongres untuk mengucurkan dana senilai 500 juta dollar demi mendukung pemberontak Suriah. Menurut The Washington Post, AS juga menjalankan program rahasia pengiriman senjata dan amunisi dalam jumlah terbatas, termasuk senjata anti-tank. Meski demikian, AS masih menahan diri dari mengirimkan senjata super canggih seperti yang diminta pemberontak seperti rudal anti-pesawat portabel. Dan pemberontak, akan ditangani langsung oleh militer AS, bukan melalui CIA.

Banyak anggota parlemen yang telah memperingatkan Presiden Obama untuk menjauh dari segala bentuk keterlibatan dalam krisis Suriah. Tidak sedikit yang mengkritik kebijakan pemerintah yang membuat negara harus menggelontorkan dana untuk membantu pemberontak – namun akhirnya senjata jatuh ke tangan kelompok ekstremis ISIS yang semakin merajalela di kawasan.

Mengenai senjata kimia Suriah yang merupakan operasi bendera palsu dari kubu pemberontak telah diulas mendalam, bisa dibaca di link-link berikut:

http://liputanislam.com/berita/fokus/misteri-senjata-kimia-suriah-i/

http://liputanislam.com/tabayun/kejaggalan-video-serangan-senjata-kimia/

http://liputanislam.com/berita/internasional/timur-tengah/lakhdar-brahimi-serangan-senjata-kimia-di-suriah-dimulai-oleh-kubu-oposisi/  (ba)

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL