tabayyun-copyLiputanIslam.com — Di era keterbukaan seperti ini, kebebasan ibarat pisau bermata dua. Di satu sisi, masyarakat bisa menikmati ‘surga’ informasi tanpa batas dengan kemudahan akses yang memberi berjuta manfaat. Namun di pihak lain, kemudahan ini justru sering disalahgunakan oleh pihak-pihak tertentu.

Ya, akibat informasi yang tidak berimbang dari media, kita sekarang dihadapkan pada kehancuran Suriah. Dan tak lama berselang, kita juga mengalami badai informasi yang sama pada saat pilpres. Media sosial, yang harusnya menjadi ajang bersosialisasi untuk merekatkan silaturahiim, justru berubah menjadi ajang caci maki dan membenci.

Fitnah berhamburan. Entah itu dengan foto palsu, atau info palsu, yang penuh dengan kebohongan dan fitnah. Pelakunya tak hanya satu dua, tetapi berjuta-juta.

Pilpres pun usai. Presiden dan wakilnya telah didapat. Namun arus informasi yang dipolitisasi belum juga reda. Pembodohan demi pembodohan terus saja dipertontonkan. Dan jangan dikira, dengan dibekuknya Trio Macan dan komplotannya – atau ditutupnya website fitnah-fitnah, maka fitnah-fitnah itu akan seketika mati. Siapa yang memberikan jaminan bahwa Trio Macan yang lain tidak akan lahir kembali?

Dan Alhamdulillah, di tengah kegelapan seperti ini, terlihat ada setitik cahaya terang. Setelah Liputan Islam yang ‘memperkenalkan’ rubrik Tabayun, untuk cek dan ricek informasi, kini telah lahir sebuah website yang beralamat www.tabayyun.web.id. Sebuah website yang baru dibentuk, yang mengumpulkan berbagai fitnah yang tersebar di media, lengkap dengan klarifikasi.

Webnya masih sederhana, namun semangatnya luar biasa. Salah satu contoh fitnah yang dikupas adalah tentang sebuah foto, yang diklaim sebagai muslim Rohingnya yang dibakar hidup-hidup. Padahal, foto itu adalah  korban ledakan tanker di Kongo tahun 2010.

Informasi harus dilawan dengan informasi. Alangkah senangnya kami, jika semakin banyak sahabat-sahabat yang melakukan hal serupa ini. Bagaimanapun juga, di pundak kita terletak nasib bangsa. Mari, bersama-sama selamatkan Indonesia. (ba)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL