suriah abu usamah al-julaniDamaskus, LiputanIslam.com – Satu lagi gembong pemberontak Suriah tewas di tangan pasukan pemerintah negara ini. Juru bicara militer Suriah Ali Mahyub, Minggu (27/12), menyatakan bahwa Ridha Mohammad al-Musalamah alias Abu Usamah al-Julani, pemimpin Jabhat al-Thuwwar, terbunuh di tangan pasukan pemerintah Suriah di Daraa.

“Militer Suriah telah menghancurkan satu unit mobil lapis baja dan tiga unit mobil pembawa senapan mesin DShK di bagian selatan distrik al-Manshiyah di kawasan Daraa,” ungkap Mahyub, sebagaimana dilansir laman berita Suriah Dampress.

Dia menjelaskan bahwa militer Suriah telah menggempur lokasi perkumpulan teroris di selatan Bashri Square dan selatan gedung milik perusahaan listrik dan jalan Waduk Daraa.

“Beberapa teroris tewas, termasuk pemimpin Jabhat al-Thuwwar,” imbuhnya.

Terbunuhnya al-Julani menjadi kejutan besar baru bagi pasukan pemerintah Suriah setelah Jumat lalu pasukan Rusia berhasil menghabisi Zahran Alloush, gembong kelompok pemberontak Jaysh al-Islam, serta beberapa tokoh dari dua kelompok pemberontak lain, yaitu kelompok al-Rahman dan kelompok Ahrar Sham, di kawasan Ghouta Timur dekat Damaskus, ibu kota Suriah.

Jurnalis senior Arab Abdel Bari Atwan dalam editorialnya untuk Ray al-Youm menyebut tewasnya Alloush sebagai peringatakan bagi kubu pemberontak Suriah sekaligus bagi rezim Arab Saudi.

Dia menilai tewasnya Alloush sebagai peristiwa krusial yang antara lain menunjukkan keberhasilan militer Suriah memecah blokade keamanan Jaysh al-Islam, sebagaimana sebelumnya juga berhasil mendobrak blokade keamanan kelompok pemberontak Ahrar Sham dalam beberapa operasi yang menewaskan lebih dari 50 pasukan pemberontak.

Atwan juga menyebutkan bahwa peristiwa ini menunjukkan terjadinya perkembangan signifikan di mana militer Suriah sudah berada dalam posisi ofensif setelah sekian tahun berada dalam posisi defensif. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL