ngabalin

LiputanIslam.com — Ali Mochtar Ngabalin adalah politisi Partai Golkar. Ia memiliki ciri khas: mengenakan sorban putih. Ciri khas lainnya adalah, melalui akun Facebook-nya, ia aktif mengkampanyekan bahwa Syiah itu sesat. Secara kontinyu, Ngabalin membagikan tautan yang berasal dari PKS Piyungan dan Islampos.com, yang telah berulang kali terungkap sering melakukan fitnah terhadap Syiah dan Iran. Tidak seperti ulama Al-Azhar yang toleran, Ngabalin memilih mengkafirkan. (Baca: Syaikh Ahmad Thayib: Al-Azhar Menolak Aksi Takfir Terhadap Syiah)

Ngabalin-Ok

Tapi 3 November 2015 menjadi hari yang naas baginya. Ngabalin mengunggah video seorang jenderal yang tengah melantunkan ayat suci Al-Qur’an dengan sangat merdu. “Insja Allah akan datang Jenderal TNI atau Polisi kita sama seperti Jenderal Turky ini. Subhanallah,” tulisnya. 

Namun sayangnya, Ngabalin keliru. Sosok pria pelantun Al-Qur’an adalah seorang jenderal asal Iran, bukan Turki. Video asalnya bisa dilihat di YouTube, yang berjudul İranlı Komutan’dan Müthiş Kuranı kerim tilavetiv. Si pengunggah juga menyebut  İranlı Komutan’dan yang artinya Jenderal Iran.

Ngabalin1

Di awal video, sempat terlihat foto Imam Khomeini dan Ayatullah Khamenei sebagai latar belakang.

ngabalin-ok2

Dan di bagian depan mimbarnya, terdapat tulisan yang berbunyi, “velayat-e faqih haman velayat-e Rasulullah ast. Artinya: wilayah al-faqih [pemerintahan yang dipimpin ulama] adalah [bentuk] pemerintahan [yang berbasis ajaran] Rasulullah. Dan Iran-lah, negara dengan sistem waliyatul faqih.

Ngabalin yang selama ini gencar mengkampanyekan kesesatan Syiah, akhirnya kena batunya. Video pujiannya terhadap Jenderal Iran tersebut, telah dilihat sebanyak 59,362 kali, dan dibagikan sebanyak 3,492. Dalam postingannya tersebut, beberapa Facebooker telah berkomentar terkait kekeliruannya, namun Ngabalin tidak menanggapi. (ba)

—-

Ralat:

Dari informasi lebih lanjut, sebagaimana disampaikan oleh pembaca Liputan Islam, pria di video ini bukan jenderal melainkan kapten. Lebih jelasnya tentang tanda kepangkatan militer Iran bisa dibaca di tautan ini: https://en.m.wikipedia.org/wiki/Rank_insignia_of_the_Iranian_military

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL