gerakan non blokWina, LiputanIslam.com – Negara-negara yang tergabung dalam Gerakan Non-Blok (GNB) mendukung program nuklir damai Iran dan kesepakatan antara Teheran dan Badan Tenaga Atom Internasional (IAEA).

Menurut laporan FNA, dukungan itu terungkap dalam statemen yang dibacakan oleh duta besar dan wakil tetap Iran, Reza Najafi, selaku ketua Ketua GNB dalam sidang Dewan Gubernur GNB di Wina, Austria, Rabu (4/6/2014).

Statemen itu menegaskan bahwa setiap negara berhak melakukan pengembangan, riset, produksi dan pemanfaatan energi nuklir untuk tujuan damai sesuai komitmennya kepada undang-undang tanpa ada diskriminasi sehingga tidak boleh ada penafsiran yang menjurus pada pelarangan atau pembatasan hak tersebut.

Statemen itu menambahkan, “Pilihan dan keputusan semua negara, termasuk hal-hal yang terkait dengan Republik Islam Iran, di bidang pemanfaatan teknologi nuklir bertujuan damai dan kebijakan menyangkut sirkulasi bahan bakar harus dihormati.”

GNB menyambut baik kontinyuitas kerjasama Iran dengan IAEA sebagaimana disebutkan dalam laporan terbaru Dirjen IAEA yang menyatakan bahwa badan ini mampu melanjutkan pemeriksaan secara akurat untuk memastikan konvensionalitas dan tidak adanya penyimpangan dalam pemanfaatan bahan bakar nuklir di dalam maupun di luar semua instalasi nuklir Iran.

GNB juga menyambut gembira implementasi Iran terhadap dokumen “Kerangka Kerjasama” yang telah disepakati Iran dan IAEA pada 11 November 2013. Sesuai perjanjian ini, kedua pihak sepakat meningkatkan kerjasama dan perundingan mengenai pemastian status damai program nuklir Iran melalui penyelesaian terhadap beberapa persoalan yang hingga kini belum dipecahkan oleh IAEA.

Selain itu, GNB juga mengapresiasi kesepakatan Iran dengan IAEA di Teheran pada 20 Mei 2014 mengenai lima langkah lanjutan yang harus diterapkan Iran paling lambat tanggal 25 Agustus 2014. Sebagaimana dinyatakan IAEA, kesepakatan ini merupakan satu langkah baru menuju kemajuan.
GNB dalam statemen tersebut menegaskan kembali bahwa jalur diplomasi dan perundingan tanpa prasyarat apapun dari semua pihak yang terlibat merupakan satu-satu jalan untuk mendapatkan penyelesaian yang komprehensif dan solid bagi persoalan nuklir Iran. (mm/fna)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL