Dusta Gunung Kelud

Foto asli dan editan photoshop Gunung Kelud.
Sumber foto Kabar Islam

LiputanIslam.com — Di jejaring sosial sempat beredar  sebuah gambar karikatur yang menggelitik dari sebuah halaman yang sepertinya dikelola oleh warga Iran. Gambar itu kalau diterjemahkan kurang lebih artinya seperti ini;

Ada dua jenis umat muslim ditinjau dari bagaimana dia berusaha mengenali dan meyakini kebesaran Allah. Jenis A adalah muslim yang meyakini kebesaran Allah dengan melewati proses tafakur dan berpikir, sedangkan jenis B adalah mereka yang meyakini  kebesaran Allah karena melihat adanya tulisan/ lafaz Allah pada benda ciptaan-Nya seperti lafaz Allah pada sarang tawon, pada batu, pada tumbuhan, pada awan dan sebagainya.

Masihkah Anda ingat tentang awan yang pada saat UJE dikebumikan yang membentuk menyerupai seseorang yang sedang brdo’a? Saat itu gambar tersebut dishare berulang-ulang di jejaring sosial, dan belakangan ketahuan bahwa foto yang diklaim berada diatas lokasi pemakaman UJE itu ternyata aslinya diambil dari tempat yang berbeda setelah orang yang membidik gambar tersebut memberikan klarifikasi.

Nah begitu pula yang terjadi saat gunung Kelud meletus, beramai-ramai umat muslim di jejaring sosial mengunggah foto Gunung Kelud yang percikan apinya membentuk lafaz Allah tersebut seraya menunjukkan kekagumannya atas kebesaran Allah. Ya,  Allah memang Maha Besar,  tapi masalahnya foto itu hasil editan photoshop. Foto aslinya diunggah pertama kali oleh Tribunews.

Sudah berulang-ulang kali kita mendapati kejadian seperti ini dan biasanya juga terbongkar bahwa fotonya ternyata hoax setelah disebarluaskan besar-besaran. Akhirnya muncul olok-olok dari non muslim yang menertawakan alangkah mudahnya kaum muslimin tertipu dan diprovokasi atas nama agama dan Allah.(LiputanIslam/kabarislam/AF)

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL