Fitnah Media atas Rusia

Sumber foto: RT

LiputanIslam.com — Sejarah selalu berulang. Karena dukungan Republik Islam Iran terhadap pemerintahan Suriah yang tengah melawan terorisme di negaranya, negara mullah ini menjadi bulan-bulanan media Arab, Barat dan media mainstream Indonesia. Fitnah tentang Iran dan Syiah bertebaran memenuhi lini massa.

Hal serupa terjadi pada Rusia. Sejak Rusia memutuskan untuk menyerang ISIS, bergabung dengan pasukan Suriah, Iran, dan Hizbullah, negara ini pun menjadi bulan-bulanan. Oleh media Barat seperti BBC, CNN, Mail Online, dan lainnya – kemudian dikutip oleh media nasional Indonesia seperti Kompas, Sindonews, dan juga media ‘Islam’ seperti Arrahmah dan Bersama Dakwah, senada mengabarkan bahwa misil milik Rusia, yang ditargetkan untuk menyerang ISIS, ternyata salah sasaran dan jatuh ke Iran.

Sebagaimana disebutkan CNN, dua orang pejabat Amerika Serikat yang tidak disebutkan namanya, yang memantau keberadaan kapal perang Rusia menyebut, setidaknya ada empat rudal yang terbang dan jatuh di Iran. Salah satu pejabat AS tersebut mengatakan kemungkinan adanya korban, namun sumber lain menyatakan belum dapat memastikan hal itu.

Benarkah?

Kantor berita Iran, Fars News pada Kamis (8/10/2015) menampik laporan bahwa rudal yang diluncurkan dari kapal perang Rusia untuk menghantam wilayah kelompok pemberontak di Suriah jatuh di wilayah Iran.

Fars News menulis bahwa Kementerian Pertahanan Iran menolak laporan yang menyatakan bahwa empat dari 26 rudal jelajah yang ditembakkan dari kapal perang Caspian mendarat di Iran.

Dikutip Fars News, Kementerian Pertahanan Iran menyebutkan laporan soal rudal Rusia jatuh di Iran merupakan upaya meluncurkan “perang psikologis” dari Barat.

Sementara, sumber di Kementerian Pertahanan Iran mengatakan kepada media Rusia, Sputnik, menyatakan pihaknya belum menerima laporan yang menunjukkan jatuhnya rudal Rusia di wilayah Iran. Laporan yang sama juga disebutkan di media Rusia lainnya, RT News.

Kementerian Pertahanan Rusia juga membantah laporan yang diberitakan di sejumlah media AS, dan menyatakan bahwa semua rudal Rusia mencapai target yang telah ditentukan.

“Tidak peduli seberapa tidak senang rekan-rekan kami di Pentagon dan Langley, faktanya adalah seluruh rudal yang diluncurkan dari kapal kami telah mengenai target,” kata juru bicara kementerian Mayor Jenderal Igor Konashenkov. (ba)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL