Banyak yang menyebar isu bahwa Sunni-Syiah tak mungkin hidup berdampingan. Di Indonesia, warga desa Sampang yang bermazhab Syiah diusir, rumah mereka dibakar, dan kini mereka hidup di penampungan di Sidoarjo. Laporan dari The Wahid Institute menyebutkan,

Lima warga Syiah sampang dibawa ke rumah seorang kiai bernama Safiudin. Di rumah itu, ada bupati Sampang, kepala desa, kepala dusun, kapolsek, anggota Brimob, dan empat orang kiai lainnya. Di sana mereka dipaksa menandatangani surat pernyataan yang memaksa mereka “bertobat”. Judul surat itu, ‘Kembali ke Ajaran yang Benar’. Harus diisi dengan kesadaran diri, tanpa ada paksaan, dan tanpa ber-taqiyah (tidak berbohong),”. Namun ketika salah seorang warga Syiah menyatakan tidak siap, kiai Safiudin langsung marah. dia menyatakan bahwa warga syiah tersebut harus keluar dari Sampang karena nyawa mereka tidak aman.

Rakyat Indonesia perlu belajar dari kerukunan umat Muslim di Meksiko berikut ini:
umat Islam Meksiko

umat Islam Meksiko

Foto di atas adalah sholat Idul Fitri 2013 yang diikuti oleh hampir semua komunitas muslim yang ada di Mexico City. Bisa kita saksikan, di foto ini ada imam masjid Sunni yang terkenal garis keras lulusan Madinah, Imam masjid Salafi, dan di shaf pertama pun ada Imam masjid Syiah dari Komunitas Ahlul Bait Mexico City, ditemani seorang Sheikh dari Iran yang kebetulan sedang bertugas di Mexico selama bulan Ramadhan. Sholat ‘Ied tersebut juga dihadiri oleh komunitas Sufi Naqshbandi yang ada di Meksiko City.
Menurut Angel, Imam masjid Syiah, dia sangat menghargai undangan yang diberikan kepada komunitasnya di Meksiko. “Diharapkan Idul Fitri ini menjadi tonggak kerukunan umat Islam di Meksiko juga dapat menjadi contoh kerukunan umat Islam di seluruh dunia, Kita setuju untuk berbeda, namun perbedaan kita tidak menghilangkan rasa saling hormat dan menghargai,” ujarnya.
(Foto dan penjelasannya, dikirim oleh Fitra Ismu, WNI yang tinggal di Meksiko)
DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL