baghdadi 1LiputanIslam.com — Beredar luas di berbagai media Timur Tengah sebuah foto yang diklaim sebagai foto tewasnya pemimpin ISIS, Abu Bakar Al-Baghdadi. Salah satu media Irak, Al-Iraqinews, melaporkan bahwa foto tersebut telah disebarkan oleh ribuan pengguna jejaring sosial. Dalam keterangannya, Al-Baghdadi disebutkan tewas akibat serangan udara AS. Namun Al-Iraqinews sendiri menyatakan, bahwa keaslian dari foto tersebut belum dapat diverifikasi.

The Daily Beast, media Amerika Serikat melaporkan bahwa pihak Pentagon membantah berita yang menyatakan bahwa Al-Baghdadi telah tewas. Namun mereka membenarkan bahwa serangan udara AS di Mosul telah menewaskan ‘tangan kanan’ Al-Baghdadi, sebagaimana informasi dari Kementrian Pertahanan Irak.

Desas-desus kematian Baghdadi yang menyebar melalui Irak utara bermula dari ketidakpastian informasi yang beredar. Lantaran ajudan Al-Baghadadi tewas, maka spekulasi bahwa Al-Baghdadi turut tewas pun bermunculan. Namun, The Daily Beast mensinyalir bahwa kebohongan informasi ini merupakan bagian dari propaganda untuk menutupi jejak Al-Baghdadi, dan mengaburkan kondisi sebenarnya saat ini.

Foto asli dan palsu

Foto asli dan palsu

Dari keterangan beberapa sumber, termasuk pejabat intelijen Kurdi dan mantan perwira militer Irak, kompak mengatakan kepada The Daily Beast bahwa Al-Baghdadi telah meninggal di suatu tempat di Suriah setelah terluka dalam serangan udara baru-baru ini dan melarikan diri Irak untuk menjalani perawatan medis.

Namun patut dicatat, bahwa rumor kematian Baghdadi ini  kali ini bukanlah untuk yang pertama kalinya terjadi. Tanpa  adanya pers yang independen dalam memverifikasi informasi baru, serangkaian berita yang beredar di Irak dan sekitarnya, kadang melebihi fakta yang sebenarnya.

Lantas, apakah foto Al-Baghdadi tersebut asli?

Sayangnya, situs berita Shoebat.com melansir foto lain yang dengan pose yang serupa dengan pose Al-Baghdadi tersebut, yaitu seorang pria dengan kaos loreng, berkepala botak dan kedua tangan di depan dada bersimbah darah di tubuh sebelah kanan (dari sudut pandang pembaca). Namun wajah pria tersebut bukan Al-Baghdadi. Sehingga, bisa disimpulkan bahwa foto yang diklaim sebagai tewasnya Al-Baghdadi, tak lebih dari sekedar permaianan photoshop. (ba)

 

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL