jokowi-kokoJakarta, LiputanIslam.com--Presiden Indonesia terpilih, Joko Widodo (Jokowi), melangsungkan sholat Ied dan acara open house di Balai Kota, Senin, 28 Juli 2014. Jokowi tidak melaksanakan sholat Ied di masjid Istiqlal seperti tahun-tahun sebelumnya karena ada permintaan dari para pegawai di Balai Kota. Mereka, kata Jokowi, ingin merayakan Lebaran untuk terakhir kalinya dengan Jokowi sebelum ia pindah ke Istana Negara. Usai Lebaran, Jokowi akan memulai proses pencarian menteri.

Jokowi mengaku akan menggunakan semua jurus agar menteri yang mengisi kabinetnya dapat menjalankan tugas dengan baik. Tim yang kini sedang dipersiapkan adalah head hunter dan tim transisi.

“Semua jurus akan saya gunakan, baik lewat partisipasi publik, nanti mencari pemburu bakat gitu lho,” ungkap Jokowi, saat ditemui wartawan di kediamannya di Solo, sebelum Lebaran (27/7/2014), seperti dikutip liputan6.com.

“Kita siapkan di kantor transisi. Pertama identifikasi persoalan-persoalan yang ada sekarang dan ke depan, sesuaikan dengan visi misi kita,”

Seluruh masalah yang sudah diidentifikasi kemudian dicarikan solusinya. Lalu, apa permasalahan itu sudah ada kementerian yang menangani. Barulah menuju orang yang akan mengisi kursi menteri dan menyelesaikan masalah itu.

“Apa yang dibutuhkan untuk menyelesaikan itu, apa sesuai dengan kementerian yang ada. Lalu siapa yang cocok mengisi kementerian itu,” tandasnya.

Proses ini juga akan melibatkan masyarakat dengan membuka semacam kotak saran untuk memunculkan nama yang cocok. Tim Jokowi melalui sosial media Facebook dengan akun Jokowicenter.com, menggunggah kuesioner seputar siapa menteri yang pantas mengisi kabinetnya lewat dunia maya.

“Itu masukan dari masyarakat. Kita yang nggak tahu jadi tahu. Misal kita nggak ngerti, tahu-tahu ada nama Bambang. Nah nanti kita cari tahu Bambang itu siapa,” jelas Jokowi.

Setelah itu, ada tim transisi yang melakukan penyaringan awal. Nama-nama yang sudah masuk kemudian dikaji. Jokowi mengatakan, tim itu berisi para profesor. Tim itu mulai bekerja sehabis Lebaran hingga 20 Oktober 2014.

Screening awal. Saya final terakhir,” lanjutnya.

Jokowi memastikan pula, tidak ada lelang jabatan dalam pemilih menteri. Sistem itu akan diganti dengan sistem fit and proper test (uji kelayakan dan kepatutan).(dw)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL