tantowi yahya02Jakarta, LiputanIslam.com – Juru Bicara Tim Pemenangan pasangan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa, Tantowi Yahya, meminta Komisi Pemilihan Umum (KPU) supaya tidak terpengaruh hasil hitung cepat yang dilakukan lembaga survei.

“Kami meminta KPU agar tidak terpengaruh hasil quick count yang disampaikan tujuh lembaga survei pihak Jokowi. Jangan sampai mereka terintimidasi oleh hasil survei yang mereka klaim sebagai kebenaran absolut,” kata Tantowi di Rumah Polonia, Jakarta Timur, Kamis (10/7).
Tantowi juga meminta semua lembaga survei dapat bersikap independen dalam melakukan riset maupun merekap hasil perhitungan suara supaya hasilnya tidak dipersoalkan oleh masyarakat.

“Survei itu ketika dikerjakan oleh lembaga survei, kemudian lembaga itu bagian dari tim pemenangan capres maka dia dipertanyakan apapun hasilnya oleh kubu lawan. Jadi lembaga itu tidak boleh tersinggung,” kata Tantowi.

Imbauan ini merupakan reaksi atas kesimpang siuran hasil hitungan cepat yang beredar di tengah masyarakat dari 11 lembaga survei. Tujuh lembaga mengumumkan hasil yang memenangkan pasangan Joko Widodo-Jusuf Kalla atas pasangan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa. Tujuh lembaga survei itu adalah Litbang Kompas, Lingkaran Survei Indonesia, Indikator Politik Indonesia, Populi Center, CSIS, Radio Republik Indonesia, dan Saiful Mujani Research Center.

Sedangkan empat lembaga survei lainnya mengumumkan hasil yang memenangkan pasangan Prabowo-Hatta. Empat lembaga itu ialah Puskaptis, Indonesia Research Center, Lembaga Survei Nasional, dan Jaringan Suara Indonesia. (mm)

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL