wirantoJakarta, LiputanIslam.com – Tim Kuasa Hukum capres-cawapres Prabowo Subianto-Hatta Rajasa akan terus memperkarakan pernyataan mantan Panglima ABRI (kini TNI)  Wiranto tentang beredarnya dokumen Dewan Kehormatan Perwira (DKP) mengenai pemberhentian Letnan Jenderal Prabowo Subianto dari ABRI ketika menjabat Pangkostrad karena terlibat kasus penculikan para aktivis 1998.

Tim kuasa hukum itu Rabu (25/6/2014) mendatangi Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri dengan tujuan berkonsultasi mengenai pernyataan Wiranto yang kini menjabat sebagai Ketua Umum Partai Hanura tersebut.

Habbiburokhman, anggota tim itu, mengatakan pihaknya akan melaporkan dugaan pidana yang dilakukan Wiranto.  Habib menjelaskan ada delik khusus yaitu Pemilu dan delik pidana umum terkait Pasal 310 KUHP tentang pencemaran nama baik dan Pasal 317 KUHP tentang pengaduan palsu atau pengaduan fitnah.

“Kalau bisa Wiranto dipanggil pada tanggal 9 Juli 2014. Ini supaya jelas tentang apa yang disampaikannya,” ujar Habiburokhman di Bareskrim Polri, Jakarta, seperti dilansir Vivanews.

Tim Kuasa Hukum Prabow-Hatta menyatakan kedatangannya ke Bareskrim Polri baru tahap awal sehingga belum membuat dan menyerahkan laporan resmi ke polisi, namun mengaku akan membuatnya dengan disertai alat bukti berupa rekaman.

“Ini adalah konsultasi tahap pertama dan akan membuat laporan dengan memberikan bukti rekaman,” ujar Habib sembari mengaku optimis bahwa polisi akan menyelidiki kasus ini. Habib juga mengaku akan memberikan bukti terkait bantahan yang dikemukakan Wiranto.
Kamis 19 Juni lalu Wiranto angkat bicara soal beredarnya dokumen DKP tersebut. Dia menyatakan dokumen itu bukan rahasia negara.

“Saya tidak setuju bahwa tersebarnya produk DKP merupakan pembocoran rahasia TNI,” ungkap Wiranto di Menteng, Jakarta. Dia menyebutkan beberapa alasan, antara lain ialah bahwa korban kasus tersebut adalah masyarakat sipil sehingga TNI tidak lagi bisa mengklaim dokumen itu rahasia intern TNI yang tidak bisa dipublikasikan. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL