hnwJakarta, LiputanIslam.com — Pernyataan Jokowi bahwa Partai Amanat Nasional dan Partai Demokrat merapat ke koalisinya, menuai reaksi keras dari PKS. Menurut PKS, Jokowi tidak perlu mengajak partai-partai yang tergabung dalam koalisi Merah Putih bergabung mendukungnya. Hidayat juga mengingatkan agar Jokowi konsisten dengan janjinya akan membangun koalisi ramping.

“Sejak awal Jokowi ingin koalisi ramping dan tanpa transaksi. Beliau komitmen saja, saya kira akan tetap positif,” kata Ketua Fraksi PKS, Hidayat Nur Wahid.

Hidayat  mengingatkan Jokowi untuk konsisten membangun koalisi tanpa syarat. Hidayat khawatir tawaran Jokowi agar sejumlah partai Koalisi Merah Putih merapatkan dukungan didasarkan pada iming-iming jabatan tertentu.

Menurutnya, PKS akan konsisten berada di luar pemerintahan Jokowi-JK. PKS tidak akan tergiur dengan iming-iming jabatan apapun yang mungkin ditawarkan Jokowi untuk mendukungnya. “Kami tidak tergiur dengan koalisi Jokowi,” ujarnya, seperti dilansir Republika, 20 Agustus 2014.

Kabinet Ideal, Seperti Apa?

Koordinator Divisi Monitoring Pelayanan Publik Indonesia Corruption Watch (ICW), Febri Hendri menegaskan menteri yang mengisi kabinet Jokowi-Jusuf Kalla wajib memenuhi tiga kriteria dasar, yakni muda, ramping, dan bersih.

“Tiga kriteria tersebut wajib dipenuhi agar kabinet bisa bekerja dengan lincah dan memenuhi janji pemberantasan korupsi,” ujarnya di Jakarta, Selasa, 19 Agustus 2014.

Menurut Febri, figur-figur pemimpin dengan usia yang muda memungkinkan adanya gagasan baru dalam pembuatan kebijakan pemerintah. Di samping itu, kandidat menteri dengan usia muda sekitar 40 dirasa ideal untuk mengikuti ritme kerja Jokowi yang kerap turun ke masyarakat.

Selain itu, Febri juga menegaskan bahwa kabinet yang ramping dan bersih juga memungkinkan Jokowi dan Jusuf Kalla untuk mewujudkan reformasi birokrasi.

“Mula-mula bisa dilakukan rekruitmen terbuka terhadap calon menteri agar masyarakat menilai sendiri mana saja kementerian yang penting dan siapa figur yang layak untuk memimpin kementerian tersebut,” ujarnya.

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL