jokowi-prabowo2Jakarta, LiputanIslam.com – – Lembaga Survei Nasional (LSN) merilis hasil surveinya yang menyebutkan keunggulan elektabilitas Prabowo-Hatta atas elektabilitas pesaingnya, yakni Jokow-JK.

Survei ini diselenggarakan pada 1-8 Juni 2014 di 34 provinsi se-Indonesia, melibatkan 1.070 responden, dan dilakukan dengan metode wawancara dengan kuisioner. LSN mengklaim hanya memiliki tingkat kesalahan 3 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen.

“Survei kami 46,3 persen memilih Prabowo-Hatta dan 38,8 persen memilih Jokowi-JK. Sisanya 14,9 persen belum punya pilihan,” kata Dipa Pradipta, peneliti LSN, saat menggelar jumpa pers di Le Meridien Hotel, Jakarta, Kamis, 12 Juni 2014.

Gema Nusantara, peneliti LSN lainnya, mengatakan hasil survei itu diperoleh setelah melihat elektabilitas Jokowi-JK yang hanya menang di Jawa Tengah, daerah yang merupakan basis PDI Perjuangan, partai pengusungnya. Di daerah lainnya Jokowi-JK kalah telak. “Jawa Tengah 47,5 persen memilih Jokowi-JK dan 43,3 persen ke Prabowo-Hatta,” katanya.

Menurut Gema, rendahnya tingkat keterpilihan Jokowi-JK dibanding Prabowo-Hatta disebabkan tiga faktor. Pertaman, publik dianggap jenuh terhadap figur Jokowi yang tidak berhenti diangkat oleh media massa bak manusia setengah dewa. Kedua, mesin partai pendukung Jokowi-JK tidak bekerja optimal mengusung mereka. Ketiga, publik dianggap mulai meragukan kapabilitas Jokowi karena menunjukkan penampilan yang tidak mengesankan. “Misalnya pada pengundian nomor urut dan deklarasi damai,” ucapnya. (mm/tempo)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL