Foto: Tribunnews

Foto: Tribunnews

Jakarta, LiputanIslam.com — Hari ini, Mahkamah Konstitusi (MK)  menggelar sidang lanjutan perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) Pilpres 2014 dari pemohon tim calon presiden Prabowo Subianto dan calon wakil presiden Hatta Rajasa.

Dari laporan Tribunnewscom, agenda sidang lanjutan adalah mendengarkan jawaban termohon, keterangan pihak terkait dan Bawaslu, serta pembuktian. Dalam sidang hari ini, Prabowo Subianto dan Hatta Rajasa tidak turut hadir di MK karena ada rapat konsolidasi dengan petinggi partai koalisi merah putih.

Sidang ini juga turut dihadiri oleh massa pendukung Prabowo-Hatta. Koordinator aksi dari Gerakan Bersama Prabowo, Alimbara, mengatakan, pada hari ini ada sekitar 3.000 massa pendukung yang datang dari seluruh Indonesia, mereka datang secara bergelombang.

“Pendukung dan relawan ini datang mulai dari jam 8 pagi, setelah berorasi, ada sekitar 133 elemen pendukung pasangan Prabowo-Hatta, kita juga melaksanakan ibadah salat Jumat di sini,” ujar Alimbara, di tengah aksi.

Ia menuturkan, elemen-elemen organisasi pendukung yang hadir antara lain, Gerakan Bersama (Geber) Prabowo, Aliansi Penyelamat Pemilu (APP), Gardu Prabowo, Forum Komunikasi Putra Putri Purnawirawan TNI dan POLRI (FKPPI).

Untuk mengantisipasi kedatangan massa, aparat kepolisian Polda Metro Jaya kembali menurunkan pasukannya menjaga gedung MK. “Pasukan yang akan diturunkan sekitar 2.000 personel,” kata Kepala Bidang Humas Komisaris Besar Rikwanto.

Mereka merupakan personel gabungan dari Polda Metro Jaya, Polres Jakarta Pusat dan Polri. Rikwanto berujar, pengamanan tidak berbeda dengan sidang perdana. Pasukan ini akan menjaga dalam tiga lapis.

Lapis pertama merupakan ruang sidang, lapis kedua penjagaan hingga pagar gedung, sedangkan lapis ketiga adalah lalu lintas. “Untuk penjagaan diwaspadai betul ring 1 karena itu ruang sidang. Di ring 1 ini ada sekitar 80 orang termasuk media,” lanjutnya.

Dalam pengamanan tersebut, aparat kepolisian membawa peralatan standar seperti peluru karet, anjing pelacak, dan barakuda. Dan kendati ada unjuk rasa di depan gedung MK, arus lalu lintas di kawasan Jalan Medan Merdeka Barat tetap ramai lancar. (ba)

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL