indonesia debat-capres-cawapresJakarta, LiputanIslam.com – Kepribadian calon pemimpin bangsa, diungkap oleh Laboratorium Psikologi Politik Universitas Indonesia yang bekerjasama dengan Ikatan Psikologi Sosial, Ikatan Psikologi Klinis, dan Fakultas Psikologi Universitas Padjajaran. Seperti apa hasilnya?

Prabowo Subianto dianggap sebagai figur yang tegas, ambisius, berani, emosional, dominan, otoriter, dan keras kepala. Sementara Joko Widodo, dinilai bersikap pekerja keras, sederhana, jujur, rendah hati, tenang, pengabdi, dan tegas.

“Prabowo dianggap sebagai orang yang paling bermotivasi untuk berkuasa paling tinggi daripada yang lain,” kata Pakar Psikologi Politik UI, Hamdi Muluk saat memaparkan hasil surveinya di Jakarta, Kamis, 3 Juli 2014 seperti dilansir Bisniscom.

Prabowo mendapat angka 8,84%, sementara Jokowi mendapat angka 6,36%. Untuk cawapres, JK diketahui memiliki motivasi berkuasa tertinggi yakni 7,3% dan Hatta 7,17%.

Hatta Rajasa, mayoritas responden menilai ia bersikap tenang, cerdas, oportunis, ambisius, hati-hati, pekerja keras, dan kompromis. Sedangkan Jusuf Kalla dinilai memiliki sikap berani, tegas, cepat, cerdas, bijaksana, kreatif, dan pekerja keras.

“Pak Prabowo dianggp lebih one man show dan Hatta seimbang, JK juga seimbang, Pak Jokowi lebih besar kemungkinan dia mendengar pendapat orang lain,” tambahnya.

Penelitian ini melibatkan 204 responden berprofesi sebagai psikolog di Jabodetabek di berbagai instansi pemerintah. Dan responden ini memiliki pengetahuan dan pengalaman melakukan penilaian kepribadian. Pengambilan data dilakukan pada tanggal 18-27 Juni 2014.

Aspek pengukuran yang dijadikan dasar dalam survei ini adalah motivasi sosial, cognitive complexityexplanatory styletraitemotional stability, interpersonal style, leadership style, dan decision makinng style. (ba)

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL