Foto: Kompas

Foto: Kompas

Jakarta, LiputanIslam.com — Ruhut Sitompul, politisi Partai Demokrat yang kerap kali melontarkan statemen buruk tentang Jokowi, kini berbalik mendukung Jokowi. Tak hanya itu, ia juga menyatakan akan keliling ke sejumlah wilayah Indonesia untuk mengampanyekan pasangan nomor urut dua itu. Kemana saja?

“Besok keliling ke lima provinsi, ada provinsi di Sulawesi, Medan, dan Pekanbaru,” kata Ruhut saat dihubungi detikcom, Senin, 23 Juni 2014.

Ruhut meyakini banyak kader dan simpatisan Demokrat dari tingkat akar rumput dan daerah yang mendukung Jokowi. Bahkan, dia mengatakan, usai kabar dirinya mendukung Jokowi mengemuka ke publik, kader di daerah banyak yang ingin mengadakan dukungan serupa.

“Dengan banyaknya antusiasme semua kader, aku percaya semua akan dukung Jokowi,” ujar Ruhut.

Ruhut tak sendiri, dirinya menyebut nama Suaidi Marasabessy, Dahlan Iskan dan TB Silalahi sebagai kader Demokrat yang mendukung Jokowi-JK. Meski begitu, Ruhut menghormati pilihan para kader separtainya yang memilih mendukung pasangan Pilpres 2014 Prabowo-Hatta Rajasa.

“Partai tidak terpecah, itulah indahnya demokrasi, kami tetap satu,” ujarnya.

 

Dulu Ruhut Serang Jokowi Habis-Habisan.

Walau kini Ruhut merapat ke kubu pasangan capres-cawapres nomor urut dua, pernyataannya tentang Jokowi yang bernada negatif tidak mudah dilupakan begitu saja. Apa kata Ruhut dahulu tentang Jokowi? Berikut ini kami kutipkan dari berita yang dilansir Detikcom dan Kompas.

1. Jangan Mimpi Jadi Presiden!

Sebelum Jokowi ditetapkan sebagai capres PDIP, Ruhut menyerang tajam. Ia bilang, Jokowi jangan pernah bermimpi jadi presiden. “Jokowi belajar dululah ngurus Jakarta, nggak usah mimpi jadi presiden,” kata Ruhut pada hari Selasa, 22 Oktober 2013.

2. Jokowi Cuma Ngekos di PDIP!

Memasuki akhir tahun 2014, Ruhut kembali bersuara miring soal wacana pencapresan Jokowi. Ruhut yakin betul bahwa Jokowi tak akan dicapreskan oleh PDIP.

“Jokowi itu nggak punya partai. Dia anak kos-kosan di PDIP. Dia bisa hebat karena PDIP,” kata Ruhut pada hari Jumat, 20 Desember 2013.

3. Anggap Jokowi Gagal

Elektabilitas Gubernur DKI Jokowi berada di puncak survei capres. Ruhut Sitompul tak yakin Jokowi bakal jadi presiden RI selanjutnya.

“Ingat rekam jejak, elektabilitas Jokowi boleh tinggi tetapi nanti kita cerita rekam jejak dia di Solo bagaimana. Banjir dan macet dia salahkan orang lain. Bagaimana (kasus) bus  second dan berkarat diserahkan ke Kejaksaan,” kata Ruhut pada hari Minggu, 9 Maret 2014.

4. Jokowi Seperti Sapi Ditusuk Hidungnya

Ruhut Sitompul mengkritik tajam kepergian Jokowi ke Blitar, Jawa Timur, untuk menemani Megawati Soekarnoputri ziarah ke makam Soekarno. Ruhut menilai Jokowi bak sapi yang ditusuk hidungnya.

“Apa yang dikatakan orang, Jokowi menari di atas gendang Megawati, terlihat terang-benderang. Kelihatannya Jokowi ini seperti sapi yang ditusuk hidungnya,” ujar Ruhut.

5. Klemar-klemer, kok Mau Nyapres

Ruhut menilai, Jokowi tidak pantas menjadi presiden karena sosoknya yang kurus dan sering mesam-mesem saaat ditanya.

“Lagipula Jokowi orangnya klemar-klemer, kok mau nyapres?” katanya pada hari Senin, 3 Maret 2014.

Sebaliknya, Ruhut malah ngeri jika nanti Jokowi benar-benar maju sebagai calon presiden. “Orang lugu kok jadi presiden? Ditipu nanti,” ujarnya

6. Jokowi Bukan RI-1 tapi RI-4

Ruhut meragukan performa Jokowi jika terpilih sebagai presiden. Menurutnya, ada benarnya anggapan orang yang mengatakan bahwa jika Jokowi menjadi presiden, dia tak akan menjadi RI-1 yang sesungguhnya.

Enggak salah juga kalau ada yang bilang Jokowi kalau jadi presiden bukan RI-1,” ujarnya pada hari Senin, 26 Mei 2014.

“JK kan kadang-kadang juga jadi the real president. RI-1 nya bisa bisa Bu Mega, bisa JK. RI-3 kan ada Puan, bos. Ada yang bilang Jokowi RI-4. Aku bilang biar sama nomor urut PDI-P,” tambahnya.

Dalam dunia politik, memang tidak ada teman abadi maupun musuh abadi. Dan hari ini, Ruhut Sitompul telah membuktikan kebenaran quote tersebut. (ba)

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL