Ketua-Fraksi-PKB-DPR-Marwan-Jafar

Sumber foto: Tribun

Jakarta, LiputanIslam.com — Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) mengakui lebih memilih partai nasionalis dalam berkoalisi. Alasannya, belum ada figur yang mampu dan mau menjadi kandidat calon presiden atau wakil presiden terkait partai-partai berbasis Islam.

“Realitas politik saat ini,supaya tidak ada dusta di antara partai-partai berbasis Islam, PKB cenderung koalisi dengan partai berbasis nasionalis,” kata Ketua Fraksi PKB Marwan Jafar, Sabtu (18/4/2014).

Marwan mengatakan bila ada tokoh partai-partai Islam yang mau menjadi presiden belum tentu mampu memimpin Indonesia.  “Kalau toh mampu, belum tentu mau. Kondisinya sngat dilematis,” kata Marwan.

Ketua DPP PKB itu juga mengungkapkan alasan lainnya  yakni belum ada tokoh-tokoh Islam yang memiliki elektabilitas dan popularitas tinggi yang bisa bersaing dengan tokoh-tokoh partai nasionalis.

“Sementara waktu untuk mendongkrat popularitas dan elektabilitas sangat mepet,” katanya.

Alasan lainnya, ujar Marwan, tidak kalah penting yakni sisi finansial. Sebab biaya kampanye sangat tinggi, mulai sosialisai, membuat iklan, kunjung ke daerah-daerah,dari sabang sampai merauke, membantu relawan dan tim sukses.

“Semuanya itu butuh biaya tinggi. Meski demikian kemungkinan-kemungkinan politik bisa saja terjadi, yang tidak mungkin menjadi mungkin, yang mungkin bisa jadi menjadi tidak mungkin.Itulah politik, sangat dinamis,dan penuh nuansa ketidakpastian,” katanya.

Marwan menjelaskan dalam politik kontemporer Indonesia, sudah tidak relevan lagi mendikotomikan antara partai-partai berbasis nasionalis dan Islam. Dalam konteks Indonesia, kata Marwan, Islam tidak perlu diformalisasikan, tapi dilaksanakan secara substantif.

“Yang penting spirit keIslaman mewarnai keindonesiaan. Kalau bicara Islam yang formalis, terkesan primordial. Lebih baik substansi dan spirit Islam yang dikedepankan, bukan formalisasi Islam. Segala kemungkinan politik sedang kami kaji secara mendalam dan komprehensif,” ungkapnya. (ba/tribunnews)

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL