Foto: Tribunnews.com

Foto: Tribunnews.com

Jakarta, LiputanIslam.com — Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) mengakui kedekatannya dengan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). Hal itu dikatakan Ketua DPP PKB Marwan Jafar ketika dikonfirmasi mengenai koalisi dengan partai berlambang banteng itu.

Marwan mengatakan pihaknya melakukan komunikasi dengan seluruh partai politik. Komunikasi yang dijalankan pun berjalan baik.

“Dengan para pemimpin berjalan baik. Tapi memang, dengan PDIP, ya sudah ketemu chemistry, khususya menyangkut hal-hal yang prinsip sebagai fundamental koalisi dan sudah dibicarakan dengan baik,” kata Marwan ketika dihubungi, Selasa (29/4/2014).

Ia mencontohkan kedekatan PKB dan PDIP terjalin sejak masa Presiden Soekarno. Dimana secara historis Kiai NU dengan Bung Karno terus melakukan silaturahmi. “Bahkan, NU memberikan gelar ke Bung Karno Waliyyul amri adl-dlaruri bisy-syaukah. Itu kan secara historis menunjukkan hubungan baik,” tuturnya.

Selain itu, Marwan mengatakan basis massa kedua partai itu relatif sama antara marhaen dengan nahdliyin sehingga bisa berkomunikasi dengan baik. “Di samping juga massa Nahdliyin dengan partai nasionalis bisa beriringan dan berbarengan dan bersama-sama,” kata Ketua Fraksi PKB itu.

Anggota Komisi V itu mengakui pihaknya juga berkomunikasi dengan Partai Demokrat. Namun yang menjadi kendala partai berlambang bintang mercy itu hingga kini belum menentukan figur yang akan diusung pada pemilihan presiden 2014.

“Belum ada figur yang ditawarkan, karena pilpres bicara figur. Barang kali mereka menunggu konvensi. Tapi pada prinsipya, (PKB menjalin) komunikasi dengan semua parpol. Tapi dengan PDIP memang intensitasnya semakin positif,” katanya.

Mengenai deklarasi koalisi dengan PDIP, Marwan mengatakan hal itu melalui mekanisme internal. Kemudian menunggu hasil penghitungan suara di KPU selesai. ” Itu kurang lebih seperti itu (pertimbangannya). soal waktu, saya kira tunggu momentum yang tepat,” kata Marwan. (fa/tribunnews.com)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*