Pasangan-Capres-Cawapres-di-Pilpres-2014-300x160Jakarta, LiputanIslam.com  — Presiden Susilo Bambang Yudhoyono melihat saat ini ada 4 pihak yang berkemelut dalam Pilpres yaitu KPU, MK, serta kedua pasangan calon yaitu Prabowo-Hatta dan Jokowi-JK. Ia berpesan agar keempatnya menyikapi kondisi saat ini dengan tepat.

“Ada 4 pihak: KPU, MK, pasangan capres cawapres satu dan pasangan capres dan cawapres satunya lagi. Jika bisa menyikapi kondisi dengan benar, arif, tepat, maka Insya Allah tidak akan tercoreng,” kata SBY saat memberikan sambutan di acara buka puasa bersama di kediaman Ketua DPD Irman Gusman, Jakarta, 14 Juli 2014 seperti dilansir Detikcom.

SBY tidak ingin ada kemunduran dalam proses demokrasi di Indonesia. Dalam menyikapi perselisihan, ia berpesan agar keempatnya bisa bertindak arif dan tepat. SBY juga meminta masyarakat lah yang menjadi wasit dalam menyelesaikan perselisihan ini sehingga SBY dapat mengakhiri tugasnya pada tanggal 20 Oktober 2014 dengan tenang.

“Saya bisa melaporkan, mengucapkan terimakasih dan minta maaf atas kekurangan. Ada transisi kepemimpinan yang baik, kita sambut presiden baru pada 20 Oktober,” pungkas SBY.

Seperti diberitakan, seusai penutupan TPS pada Rabu,  9 Juli 2014, sejumlah lembaga survei mengeluarkan hasil perhitungan cepat yang berbeda-beda. Sebagian memenangkan calon presiden nomor satu, Prabowo Subianto, namun sebagian lagi memenangi calon presiden nomor urut dua, Joko Widodo.

Saling klaim kemenangan pun dilakukan oleh kedua belah pihak. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono akhirnya mengeluarkan imbauan agar kedua pihak saling menahan diri sampai diumumkannya hasil perhitungan resmi dari KPU.

Hanya saja, persoalan tidak berhenti sampai disitu karena kepututusan KPU masih bisa dianulir. Pakar Hukum Tata Negara, Margarito Kamis, mengatakan, Mahkamah Konstitusi (MK) adalah  satu-satunya lembaga yang bisa menganulir keputusan KPU yang memenangkan salah satu pasangan.  Tentu saja, anulir ini harus didahului dengan gugatan dari salah satu kubu. (ba)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL