LIPI Indria SamegoJakarta, LiputanIslam.com –Pengamat politik dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Indria Samego, menilai pasangan capres-cawapres Prabowo-Hatta lebih sukses dalam berkampanye dibanding pasangan pesaingnya, Jokowi-JK, yang dinilainya sedang mengalami kejenuhan dalam pola kampanye.

Ada beberapa hal yang dipandang Indria sebagai faktor keberhasilan kubu Prabowo-Hatta, termasuk gencarnya mobilisasi pendukung mereka serta keterlibatan banyak elemen masyarakat dalam mengampanyekan pasangan bernomor urut 1 tersebut.

“Itu kan yang kelompok-kelompok pendukung entah organisasi masyarakat atau kepala daerah dimobilisasi,” ungkap Indria sebagaimana diberitakan VIVAnews Kamis (19/6/2014).

Indria juga menilai pasangan Prabowo-Hatta juga diuntungkan oleh dukungan dari keluarga kalangan militer yang menurutnya juga menjadi sebab meningkatnya elektabilitas pasangan ini.

Mengenai kubu Joko Widodo-Jusuf Kalla, Indria berpendapat bahwa pola kampanye pasangan ini sedang mengalami kejenuhan. Menurutnya, pasangan nomor urut dua ini perlu melakukan terobosan baru dan tidak hanya berkutat pada faktor kesederhanaan Jokowi.

Indria menjelaskan, “Saya kira perlu ada terobosan baru dari Anis Baswedan dan kawan-kawan supaya kampanyenya lebih menggigit. Bahwa mencitrakan Jokowi sebagai pemimpin sederhana sudah selesai.”

Dia juga mengatakan bahwa segala kemungkinan masih bisa terjadi karena total pemilih yang belum menentukan pilihannya masih ada sekitar 30-40 persen. Untuk itu, kedua pasang calon harus mampu menarik mereka jelang pencoblosan pada tanggal 9 Juli 2014. (mm)

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL