foto: detik.com

foto: detik.com

Bandung, LiputanIslam.com–Hasil quick count beberapa lembaga survei menunjukkan kemenangan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). Lingkaran Survei Indonesia misalnya, menghitung bahwa PDIP memenangi pemilu dengan persentase 19,77 % disusul Golkar dengan 14,61 % dan Gerindra 11,80 %.

Sebagaimana kami beritakan sebelumnya, menurut pengamat politik Burhanudin Muhtadi, kemenangan di Jabar menjadi indikator kemenangan nasional. Pernyataan Burhanudin sepertinya terbukti karena PDIP memang juga meraih suara terbanyak di Jabar. Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) mengklaim unggul di Jabar dengan raihan suara 21 hingga 23 persen. Namun yang menarik adalah pernyataan dari PDIP Jabar yang menilai bahwa keunggulan ini berkat bergeraknya mesin partai, bukan karena sosok Joko Widodo atau Jokowi.

“Kami melihat keunggulan di Jabar ini memang ada faktor Jokowi. Tapi itu kecil atau tak terlalu besar. Faktor Jokowi tidak menyengat. Justru faktor terbesar PDIP unggul di Jabar ini karena bergeraknya mesin partai. Keuletan dan kerjasama kader di Jabar ini yang tak terbantahkan,” tutur Ketua DPD PDIP Jabar Tubagus Hasanudin.

Argumen yang dikemukakan Tubagus adalah hasil survei sebelum dan sesudah Jokowi diberi mandat Mega untuk menjadi capres PDIP. “Kami menyewa lembaga survei independen yaitu Jaringan Survei Indonesia (JSI). Survei dilakukan JSI itu sebelum dan sesudah Jokowi diumumkan (diusung Capres PDIP). Minggu kemarin diumumkan di DPP, hasilnya (survei) hampir sama, untuk Jabar unggul 21-23 persen. Jabar ini ‘kan menjadi barometer kemenangan di Indonesia,” ucap Tubagus.

Tubagus mengungkapkan hal ini saat menggelar jumpa pers di kantor DPD PDIP Jabar, Jalan Pelajar Pejuang 45, Kota Bandung, Rabu (9/4/2014). Menurutnya, keunggulan sementara PDIP di Jabar berdasarkan versi survei internal adalah 21-23%,  disusul Golkar 14-17 % dan Gerindra 11 %. (dw/detikcom)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL