foto: wikipedia

foto: wikipedia

Jakarta, LiputanIslam.com–Media sosial, seperti facebook dan twitter, tampaknya menjadi tumpuan harapan kedua capres Indonesia dalam menarik simpati rakyat. Tak tanggung-tanggung, PKS, salah satu partai pendukung calon presiden Prabowo-Hatta Rajasa mengerahkan 300.000 ‘tentara digital’. Pasukan yang terdiri dari relawan ini siap melakukan ‘perang’ media untuk memenangkan pasangan yang didukung oleh PKS.

Ketua Bidang Humas Dewan Pengurus Pusat (DPP) PKS Mardani Ali Sera,  memastikan para relawan digital yang dimiliki PKS dalam kondisi siap tempur untuk memenangkan Prabowo Subianto dan Hatta Rajasa.

“Belum lagi akun-akun di luar struktur yang siap mem-backup setiap agenda pemenangan di Pilpres nanti. Mereka dalam kondisi fit siap untuk memenangkan pasangan presiden yang kita usung,” kata Mardani, seperti dikutip vivanews (23/5).

Tim kampanye Jokowi-JK pun tak ketinggalan. Mereka membentuk ‘pasukan udara’ yang akan melakukan ‘serangan’ di media-media sosial. Politisi PDIP Arya Bima pada Jumat (23/5) mengatakan bahwa pasukan ini akan memberikan informasi terkait visi dan misi Jokowi-JK di media sosial untuk melawan black campaign atau negative campaign. Tidak dijelaskan berapa banyak jumlah ‘pasukan udara’ Jokowi.

Pengguna media sosial di Indonesia memang cukup besar. Menurut Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik, Kementerian Komunikasi dan Informatika, Selamatta Sembiring, sekitar 63 juta masyarakat Indonesia menggunakan internet. Dari jumlah ini,  95 persen di antaranya memanfaatkan internet untuk berinteraksi di facebook dan twitter.

“Pengguna facebook Indonesia nomor empat setelah USA, Brasil, dan India. Sedangkan twitter kita peringkat ke lima di dunia setelah USA, Brasil, Jepang, dan Inggris,” Selamatta.(fa)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL