jokowi iklan produkJakarta, LiputanIslam.com – Kubu pasangan capres-cawapres nomor urut 1, Prabowo – Hatta, menyatakan keberatan atas adanya muatan iklan yang dinilai akan menguntungkan kubu pesaing nomor urut 2, Jokowi-JK. Mereka mempersoalkan munculnya aktor yang mirip Joko Widodo dan penggunaan motif baju kotak-kotak dalam iklan tersebut.

Karena itu, Tim advokasi Prabowo-Hatta mengaku akan melaporkan muatan iklan produk Bintang Toedjoe itu ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) pada hari ini, Selasa (17/6/2014).

“Kami persoalkan kenapa baju kotak-kotak, baju yang dipakai sama dengan yang ada di kertas suara (foto Jokowi),” ujar anggota Tim Hukum Prabowo – Hatta, Habiburokhman.

Dia menilai ada kampanye terselubung dalam iklan tersebut. “Itu kamuflase, atau selundupan,” ujarnya. Ia mengatakan tidak jelas bedanya dalam iklan tersebut antara produk dagang atau produknya Jokowi.

Iklan yang dipersoalkan tim Prabowo-Hatta muncul dalam beberapa versi. Iklan tersebut menggunakan karakter Jokowi yang diperankan oleh orang lain dengan branding Bejo. Dalam iklan itu, Bejo mengaku sebagai sosok Jokowi KW2 (palsu).

Habib meminta para calon presiden untuk bertarung secara elegan dalam kampanye ini. Ia menganggap jika terbukti menggunakan produk komersial untuk berkampanye, kubu Jokowi dianggap melanggar Pasal 53 ayat 1 Undang-Undang Nomor 42 Tahun 2008.

“Itu curang, karena melanggar batas pemasangan iklan kampanye di televisi,” ujarnya.

Sesuai aturan, iklan komersial tidak dihitung sebagai iklan kampanye. Namun, sambung Habiburokhman, iklan produk Bintang Toedjoe itu memiliki unsur kampanye terselubung.

Habiburokhman menegaskan, seharusnya masing-masing capres menggunakan cara yang elegan dalam berkampanye. Kecurangan dalam bentuk apapun tidak bisa ditolerir. “Apalagi pemilik Bintang Toedjoe dekat dengan Jokowi,” tandasnya.

Bawaslu diminta untuk menerima dan menindaklanjuti laporan tersebut. Karena menurutnya, bukti-buktinya sudah kuat, ada indikasi kampanye Jokowi dalam iklan yang marak diputar di televisi itu. (mm/tempo/jpnn)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL