jokowi-jk Jakarta, LiputanIslam.com–Komisi Pemilihan Umum (KPU) resmi menetapkan pasangan capres nomor urut dua yakni Jokowi-JK menjadi Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia, malam ini, Selasa (22/7/2014) sekitar pukul 21.00. Jokowi dinyatakan menang dengan raihan suara 53,15% dari total suara sah.

“Menetapkan pasangan calon presiden dan wakil presiden terpilih dalam pemilihan umum presiden dan wakil presiden 2014 nomor urut dua saudara Joko Widodo dan Jusuf Kalla dengan perolehan suara 70.997.833 suara atau 53,15% dari total suara sah nasional,” demikian kata Ketua KPU Husni Kamil Manik saat membacakan keputusan pleno KPU di Kantor KPU di Jl Imam Bonjol, Jakarta Pusat

Keputusan ini dituangkan dalam Keputusan KPU nomor 535/KPTS/KPU/2014. Husni lantas membacakan penetapan Jokowi dan JK menjadi presiden dan wakil presiden terpilih.

“Ditetapkan sebagai presiden dan wakil presiden terpilih periode tahun 2014-2019. Keputusan ini mulai berlaku pada tanggal ditetapkan,” kata Husni.

Jokowi dan JK kemudian menyalami Husni dan jajaran komisioner KPU lainnya. Tak ada perwakilan kubu Prabowo-Hatta dalam penetapan hasil Pilpres ini.

Sementara itu, Bawaslu RI menyambut baik gelaran Pilpres 2014 yang telah berakhir. Kini, saatnya masyarakat Indonesia kembali bersatu untuk membangun bangsa.

“Malam ini, semua harus menyatu sebagai bangsa yang menghargai budaya timur,” kata Ketua Bawaslu Muhammad di Kantor KPU Jakarta, seperti dikutip Detikcom.

Bawaslu mengajak masyarakat menghormati pasangan yang belum menang di Pilpres 2014. Kepada Jokowi-JK yang menjadi presiden dan wakil presiden terpilih, Bawaslu mendoakan semoga bisa mengemban amanah. (dw)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL