HAttaTasikmalaya, LiputanIslam.com – Kesal dituding terlibat mafia migas di Indonesia, calon wakil presiden Hatta Rajasa menyatakan dirinya siap membongkar praktik haram ini jika dia yang mendamping calon presiden Prabowo Subianto itu terpilih dalam Pemilu Presiden 2014.

Sebagaimana diberitakan Kompas, dalam orasi di depan simpatisannya di Markas Pemenangan Priangan Timur, Tasikmalaya, Kamis (3/7/2014) Hatta mengatakan, “Prabowo-Hatta difitnah dikatakan mafia ini mafia itu, nanti kami akan bongkar semuanya. Siapa sesungguhnya mafia tersebut.”

Sebelumnya, sebuah kelompok yang menamakan diri Solidaritas Kerakyatan Khusus Migas (SKK Migas) telah melaporkan Hatta ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Dia diduga terlibat kasus impor minyak mentah dan bahan bakar minyak (BBM).

Hatta mengaku bahwa sudah berupaya merenegoisasi kontrak perjanjian jual beli migas ketika dirinya menjabat Menteri Koordinator Bidang Ekonomi.

“Bayangkan setengah mati saya sebagai Menko Perekonomian untuk merenegosiasi kontrak-kontrak tidak berkeadilan,” ujarnya.

Dia mengaku telah bersikap kritis terhadap perpanjangan kontrak kerja sama dengan Freeport oleh pemerintahan sebelumnya. Dia mengklaim saat itu ada persekongkolan jahat yang menyebabkan pemerintah Indonesia kehilangan 51 persen saham dalam kerja sama itu.

“Bayangkan Freeport jaman dulu diperpanjang hilang saham pemerintah 51 persen. Mengapa itu bisa terjadi, kalau bukan kongkalikong. Kita bongkar semua nanti,” tegas Hatta.

Koordinator SKK Migas Ferdinand Hutahaean mengatakan bahwa ketika menjabat Menteri Koordinator bidang Perekonomian, Hatta memang berkuasa mengatur pengadaan minyak. Menurutnya, pengaturan PT Pertamina dan anak perusahaannya, PT Petral, dalam impor minyak dilakukan sepenuhnya oleh Hatta. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL