foto: tempo

foto: tempo

Jakarta, LiputanIslam.com – Sore ini, Presiden SBY duduk semeja diapit oleh dua calon presiden Prabowo Subianto dan Joko Widodo. Ia mengundang kedua pasang capres dan cawapres bersilatuhrahmi dan buka puasa bersama. Sedangkan Wakil Presiden Boediono terlihat satu meja dengan Hatta Rajasa dan Jusuf Kalla. Boediono mengapit Hatta dan JK.

Dari laporan Tempo, Mereka menyimak dengan seksama ceramah agama yang disampaikan salah seorang staf presiden, Ahmad Yani Basuki, beberapa saat sebelum berbuka puasa. Adzan maghrib berkumandang, mereka pun menyantap hidangan yang tersedia. 

Apa tujuan diadakan pertemuan ini?

Pengamat politik Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia Ikrar Nusa Bhakti menilai langkah Presiden Susilo Bambang Yudhoyono akan mempertemukan capres tersebut dalam rangka upaya dalam menurunkan suhu politik. 

“Ya, misalnya supaya hubungan dia tetap baik dengan Prabowo dan Jokowi, jadi itu bagian dari kepentingan yang lebih besar, yaitu hubungan antar elit dia jaga,” kata Ikrar di Jakarta, Sabtu 19 Juli 2014 seperti dilansir Kompas.

Menurutya, SBY ingin meninggalkan kesan yang baik pada akhir masa jabatannya ini. Dia pun menilai mustahil jika pada akhir masa jabatannya ini SBY bermain-main dengan kepentingan politik pribadinya. 

Selain itu, Ikrar menyampaikan saran agar dua kubu pasangan calon ikut menjaga situasi politik menjelang pengumuman hasil rekapitulasi suara Komisi Pemilihan Umum pada 22 Juli mendatang. Dia meminta pasangan calon yang kalah nantinya untuk legowo, sedangkan pasangan calon yang menang tidak jadi jumawa atau sombong. 

Menurut Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Marzuki Ali, pertemuan di Istana Negara juga akan menghadirkan pimpinan lembaga negara agar menanamkan komitmen bersama untuk menciptakan situasi kondusif. Marzuki mengungkapkan, pertemuan pimpinan lembaga negara dengan Prabowo dan Jokowi adalah tindak lanjut dari kesepakatan pimpinan lembaga negara untuk mengawal pemilu damai. (ba)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL