muhammadiyah 3Jakarta, LiputanIslam.com  — Walau kabinet Jokowi-JK untuk periode mendatang belum dibahas, namun saat ini banyak beredar susunan kabinet dan nama-nama yang layak menduduki kursi menteri di pemerintahan mendatang.

Salah satunya, kader muda Muhammadiyah, Hery Sucipto, menyatakan bahwa banyak kader dan tokoh Muhammadiyah yang layak menjadi pembantu presiden dan wakil presiden terpilih, Jokowi-JK. “Muhammadiyah banyak kader handal dan mumpuni. Saya kira, Muhammadiyah siap membantu mensukseskan pemerintahan mendatang,” katanya.

Dalam pandangan Wasekjend PP Pemuda Muhammadiyah tersebut, nama-nama seperti Abdul Mu’ti, Rizal Sukma, Bambang Setiaji, Muhadjir Effendi, Imam Addaruquthni, Sofyan Hasdam, Abdul Munir Mulkan, dan lainnya layak dan kompeten menjadi menteri di kabinet Jokowi-JK.

Pada era Habibie, Gusdur, dan Megawati, kader-kader Muhammadiyah dipercaya memegang kementrian Pendidikan dan Kesehatan. Di kedua bidang itu, Muhammadiyah sangat berpengalaman dan banyak mengelola lembaga pendidikan dan rumah sakit.

“Saya kira Pak Bambang, Muhadjir, Mukti, Munir layak jadi Mendikbud. Mas Rizal yang pakar internasional dan keamanan pantas jadi Menlu atau Menhan, Mas Imam ahli agama bisa Menag atau lainnya, sementara Hasdam yang dokter cocok jadi Menkes, atau menteri PDT, karena dia juga pakar di bidang otonomi daerah,” jelas Hery, seperti dilansir Beritasatucom.

Meski demikian, siapapun kader Muhammadiyah yang bakal diminta oleh Jokowi, pada prinsipnya harus siap. Direktur Pusat Kajian Timur Tengah, Universitas Muhammadiyah Jakarta ini menilai, pemilihan menteri adalah hak prerogatif Presiden.

“Sebagai bagian dari Muhammadiyah, saya mendukung penuh siapapun kader yang diminta Jokowi. Muhammadiyah layak dan harus mensukseskan pemerintahan mendatang. Apalagi, mayoritas warga Muhammadiyah adalah pendukung Jokowi-JK dalam Pilpres kemarin,” pungkasnya.

Dalam masa kampanye, Jokowi-JK mengungkapkan bahwa kabinetnya bersih dari transaksi “bagi-bagi kue”, dan akan diisi oleh para profesional. Akankah presiden dan wakil presiden terpilih memenuhi komitmennya? (ba)

 

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL