Foto: @aktivitasJokowi

Foto: @aktivitasJokowi

Jakarta, LiputanIslam.com – Masa tenang, calon presiden nomor urut dua Joko Widodo (Jokowi)  melakukan ibadah umroh ke tanah suci. Keberangkatannya tidak sendiri, ia ditemani oleh Akbar Faisal, Hasyim Musadi, Quraish Shihab dan keluarganya.

Dilansir The Jakarta Post, Jumat, 4 Juli 2014, Jokowi mengaku bahwa ia biasa melakukan umrah di masa tenang sebagaimana saat pemilihan walikota dan pemilihan gubernur.

“Selama masa tenang, saya biasanya melakukan umrah.  Pada tahun 2012 saat pemilihan gubernur, juga pada tahun 2005 dan 2010 saat pemilihan walikota,” jelasnya.

“Saat masa tenang ini, saya tinggal berdo’a, dan biarkan Tuhan yang mengurus sisanya,” tambah Jokowi.

Menurut Akbar Faisal, perjalanan rombongan Jokowi ke tanah suci ini dilakukan tanpa pengawalan khusus.

“Tidak ada pengawalan khusus, kami bertamu ke rumah Allah. Kami yakin Allah akan melindungi kami,” ucapnya.

Akbar mengatakan bahwa rombongan akan berdoa untuk hasil terbaik pada tanggal 9 Juli nanti.

“Kami serukan kepada para pendukung dan relawan agar mengawasi proses pemungutan dan penghitungan suara. Jika Anda menemukan adanya money politics, segera laporkan kepada pihak berwenang,” tambahnya.

Menurut  The Jakarta Post, umroh ini dianggap sebagai upaya untuk mengklarifikasi berbagai kampanye hitam yang menyerang dan mempertanyakan keislaman Jokowi.

Jokowi Umroh Pakai Uang Pribadi

Saat mengantar Jokowi di terminal 2 Bandara Soekarno-Hatta, Ketua Tim Pemenangan Jokowi-JK, Tjahjo Kumolo mengungkapkan bahwa Jokowi umroh dengan menggunakan uang pribadi.

“Ibadah umrah ini di luar dari bagian peran dan tanggung jawab saya sebagai ketua tim kampanye nasional. Ini pribadi dari Jokowi, bukan kampanye. Pakai uang pribadi,” kata Tjahjo, seperti dilansir Detikcom, 6 Juli 2014.

Anies Baswedan sebagai jubir Jokowi-JK yang juga hadir, menambahkan, tidak ada kegiatan kampanye dan politik di Arab Saudi nanti. Dia meminta agar masyarakat mendo’akan agar Jokowi diberi keselamatan.

“Saya kira ini semua sesuai dengan keinginan Jokowi dari do’a  Sapu Jagat tadi malam. Ini upaya Jokowi setelah berusaha selama kampanye dan mendekatkan diri kepada Allah di masa tenang,” terangnya. (ba)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL