sepatu cibaduyutBandung, LiputanIslam.com — Cawapres Jusuf Kalla berharap para pejabat memberi contoh kepada masyarakat untuk menggunakan produk dalam negeri. Pernyataannya itu disampaikan kepada wartawan di toko sepatu JK Collection’s, Cibaduyut, Bandung pada Kamis (29/5/2014) seperti yang dilansir Tribunnewscom. Apa saja keunggulan produk dalam negeri?

Menurut JK, produk dalam negeri tidak kalah kualitasnya dibandingkan produk luar negeri. Harganya juga terjangkau, satu juta rupiah dapat empat pasang sepatu yang ringan dan nyaman.

Dulu, saat masih menjabat sebagai Wakil Presiden pada 2004 – 2009, JK sempat mewajibkan para pejabat untuk mengenakan baju batik. Alasannya karena industri batik sempat lesu.

Trik ampuh yang pernah digunakan agar para pejabat mau mengenakan baju batik adalah dengan mengeluarkan kebijakan soal penghematan listrik. Di lingkungan kerja, menghemat listrik dilakukan dengan mengatur temperatur pendingin ruangan. JK melarang pendingin ruangan diatur hingga di bawah 25 derajat celcius, alhasil pejabat yang suka mengenakan jas pun gerah, hingga akhirnya beralih ke baju batik.

Selain itu, ia juga sempat mewajibkan para pejabat untuk mengenakan sepatu buatan dalam negeri. Hal itu diawali saat permasalahan ekonomi melanda Indonesia, dan membuat industri sepatu Cibaduyut. JK kemudian mendatangi pusat industri sepatu itu, dan rutin membeli sepatu dari Cibaduyut.

JK berkomitmen jika ia dan Jokowi terpilih kembali menuju Istana pada Pilpres mendatang, maka ia akan kembali menerapkan kebijakan-kebijakan tersebut.

Seberapa besar pengaruh “beli produk dalam negeri” untuk perekonomian Indonesia? Sebelumnya, Menteri Perdagangan Gita Wirjawan pernah mengimbau masyarakat untuk membeli barang hasil produksi dalam negeri untuk menekan kemungkinan pemutusan hubungan kerja atau PHK. (investor.co.id 12/06/2014)

“Perkuat pasar dalam negeri, beli produk Indonesia, supaya konsumsi domestik berkesinambungan. Itu senjata yang kuat menghadapi gonjang-ganjing dari luar,” tandasnya. (fa/LiputanIslam.com)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL