jokowijkphinsiJakarta, LiputanIslam.com – Memenangi perhelatan Pipres 2014, Jokowi banjir selamat dari pemimpin berbagai negara.  Hal itu dinilai sebagai  pengakuan internasional terhadap proses demokrasi di Indonesia.

“Kalau dunia internasional tidak mengakui, mereka tidak akan memberi selamat,” kata pengamat politik dari Universitas Gadjah Mada Ari Dwipayana, kepada Tribunnews.

Menurutnya, pemberian ucapan selamat kepada kepala negara yang baru terpilih merupakan hal yang wajar sebagai wujud kerja sama hubungan antarnegara.

Ari menegaskan, tugas utama Jokowi setelah resmi dilantik sebagai presiden pada Oktober 2014,  adalah berupaya membangun hubungan strategis dengan negara lain. Hubungan internasional yang berbasis kepentingan nasional sesuai visi misi yang telah disampaikan dalam kampanye.

Ini Ucapan Selamat dari Pemimpin Negara-negara Sahabat

Dari laporan Tempo, Perdana Menteri Australia Tony Abbott, Selasa, 22 Juli 2014, mengungkapkan keinginannya untuk menjalin kerja sama dengan Jokowi segera setelah pemerintahan baru terbentuk. Ia juga menyampaikan apresiasi kepada Indonesia sebagai negara demokrasi terbesar ketiga yang berhasil menyelenggarakan pemilihan umum. Dia optimistis dapat memperbaiki hubungan bilateral antara kedua negara yang sempat terganggu isu dugaan kegiatan Australia memata-matai Indonesia.

Lalu Perdana Menteri Singapura, Lee Hsien Loong, lewat Twitter mengatakan, “Menantikan kerja sama dengannya untuk memperkuat hubungan Indonesia-Singapura.”

Perdana Menteri Malaysia, Najib Razak, menulis pesan, “Selamat untuk @jokowi_do2 yang memenangkan pemilihan presiden Indonesia. Berharap bisa menegaskan kembali hubungan biltateral dan menanti bertemu Anda.”

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, John Kerry, dalam pernyataannya menyebutkan kemenangan Jokowi memperlihatkan rakyat Indonesia kembali bersatu menunjukkan komitmen untuk demokrasi melalui pemilihan yang bebas dan adil.

“Amerika Serikat menanti untuk bekerja bersama presiden terpilih Widodo ketika kita memperdalam kemitraan, mempromosikan tujuan bersama secara global, dan memperluas hubungan rakyat-ke-rakyat antara kedua bangsa,” seperti tertulis dalam peryataannya.

Setelahnya, Presiden Amerika Serikat Barack Obama, kata Jokowi,  mengucapkan selamat melalui saluran telepon. “Pak Obama tadi jam 11.00 WIB sudah telepon, beliau kasih ucapan selamat,” ujar Jokowi. Ia juga diajak bertemu oleh Obama di dalam Forum Kerja Sama Ekonomi Asia Pasifik atau APEC yang akan diselenggarakan pada November mendatang di Tiongkok.

Pemerintah Inggris melalui Menteri Luar Negeri Philip Hammond mengucapkan selamat kepada presiden terpilih, Jokowi.  “Saya ucapkan selamat atas kemenangan Joko Widodo dalam Pemilu Presiden 2014 menyusul pengumuman resmi dari Komisi Pemilihan Umum kemarin,” kata Hammond dalam pernyataan tertulis yang diterima BBC Indonesia.

Ucapan selamat juga datang dari pemerintah Negeri Sakura, Jepang. Menteri Luar Negeri Jepang,  Hirofumi Nakasone, dalam pesan elektroniknya, kepada Metrotvnews.com, menyampaikan “Pemerintah Jepang, menyambut baik pemilihan presiden kali ini yang telah berlangsung dengan lancar. Serta menyampaikan selamat atas terpilihnya Bapak Joko Widodo sebagai Presiden Republik Indonesia periode mendatang,” imbuhnya. (ba)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL