c1 Jawa tengahJakarta, LiputanIslam.com — Sesuai dengan himbauan KPU untuk terus mengawal jalannya perhitungan suara,  beramai-ramai masyarakat memonitor scan form C1 di website KPU dan menggunggahnya di media sosial saat menemukan ada yang terlihat mencurigakan.

Contohnya, Joko Anwar, seorang seorang sutradara, penulis skenario, dan produser, lima jam yang lalu mengunggah form C1 yang terlihat ganjil.

“Lagi lagi lagi “@AlitArimbawa suara Jokowi – JK di tipe-x tolong dicek,” cuitnya.

Form C1 tersbut, berasal dari salah satu TPS di Jawa Timur. Terlihat dalam scan C1, suara untuk pasangan capres-cawapres nomor urut dua ditype-x. Hingga berita ini diturunkan, foto form tersbut sudah diretweet 569 kali, menyebar di Twitter dan Facebook dan belum ada tanggapan dari pihak berwenang.

Tabulasi Nasional, Jokowi-JK unggul

Jokowi- JK dikabarkan unggul dari Prabowo- Hatta pada penghitungan berbasis formulir C1. Hal itu diungkapkaan Anggota Tim Data dari Tim Kampanye Nasional Jokowi-JK, Djarot Saifulah Hidayat.

“Dalam tabulasi suara nasional, Pak Jokowi dan Pak JK meraih 53,24% suara dan Prabowo Subianto Hata Rajasa meraih 46,76%. Hal itu berdasarkan proses tabulasi internal dari formulir C1 yang masuk sebanyak 91% dari seluruh provinsi,” jelas Djarot saat Minggu, 13 Juli 2014 seperti yang dilansir Metrotvnews.

Ia menjelaskan, keunggulan pasangan nomor urut dua tersebut setelah tim memproses C1 yang dikirim saksi partai pengusung. Kemudiaan C1 tersebut valid dari hasil penghitungan suara di TPS masing-masing.

“Kemudian kemenangan Jokowi -JK yang paling mencolok terjadi di Bali 72%, Jateng 65%, Bangka Belitung 67%. Juga di beberapa daerah seperti di Riau, Kepri, Lampung, DKI Jakarta, Yogyakarta, Jatim, NTT, Kalbar, Kaltim, Kalteng, Sulut, Sulbar, Sulteng, Sultra, Sulsel, Maluku, Papua, Papua Barat. Kemudian kami kalah di Jabar, Banten, NTB, Sumsel, Gorontalo,” katanya. (ba)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL