pemiluJakarta, LiputanIslam.com–Rakyat Indonesia hari ini berkempatan meraih hak demokrasinya, memilih calon presiden dan wakil presiden periode ke-7. Pemilu masih akan berlangsung hingga pukul 13.00 WIB dan setelah itu penghitungan resmi baru dimulai. Namun sejumlah media telah melakukan proses penghitungan, baik exit poll maupun quick count. Dua televisi nasional yang selama ini ‘bersaing’ karena mendukung kubu berbeda, terlihat menyajikan hasil exit poll yang berbeda.

Metro TV yang selama ini cenderung mendukung Jokowi-JK menggunakan data dari LSI, sedangkan TV One menggunakan data dari LSN dan JSI. Hasilnya pun berbeda. Saat berita ini dibuat, hasil exit poll di Metro TV menunjukkan keunggulan Jokowi-JK 3% di atas Prabowo-Hatta. Sebaliknya, exit poll TV One menunjukkan hasil sebaliknya, keunggulan Prabowo-Hatta.

Peneliti dariIndikator Politik Indonesia, Burhanuddin Muhtadi menyatakan, hasil exit poll masih harus dikonfirmasi oleh quick count, dan biasanya hasilnya stabil pada sekitar jam 15.00 WIB.

Exit poll adalah proses penghitungan cepat dengan cara menanyai warga yang baru keluar dari TPS. Sementara, quick count atau hitung cepat adalah menghitung jumlah suara faktual dalam TPS yang dijadikan sampel. Hasil quick count biasanya cukup mampu memprediksi kemenangan kandidat pemilu hanya beberapa jam setelah tempat pemungutan suara (TPS) ditutup.

Apapun juga hasilnya, yang jelas pilpres 2014 membawa suasana yang sangat berbeda dari pilpres-pilpres sebelumnya. Pengamat politik Eep Saefullah Fattah yang berkesempatan keliling Indonesia bersama tim Jokowi-JK, menemukan adanya gairah luar biasa dari rakyat dalam menyambut pilpres ini.

“Ini adalah perkembangan berarti bagi demokrasi kita,” kata Eep.

Senada dengan Eep, Burhanudin Muhtadi juga menyebut bahwa pilpres 2014 memunculkan kegairahan politik.

“Pilpres kaki ini membawa kegairahan volunterisme politik. Indikator yang sudah kita baca bahwa masyarakat menyambut dengan gembira proses demokratisasi Pilpres 2014,” kata Burhanudin. (dw)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL