indonesia debat-capres-cawapresJakarta, LiputanIslam.com – Pengamat komunikasi politik Effendi Gazali menilai pasangan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa dan pasangan Joko Widodo-Jusuf Kalla sama-sama kuat dalam debat capres-cawapres perdana yang berlangsung di Balai Sarbini, Jakarta, Senin malam 10 Juni 2014.

“Ini debat yang menarik. Joko Widodo telah kembali menjadi Joko Widodo yang seperti biasanya. Dia tidak tegang dan menjawab tepat. Prabowo sedikit tegang, tapi menjawab sistematis. Nilai yang sama untuk mereka,” kata dosen pascasarjana ilmu komunikasi Universitas Indonesia itu.

Menurut Effendi, pasangan Prabowo-Hatta dan Joko Widodo-Jusuf Kalla terlihat jelas mempunyai kelebihan dan kekurangan masing dalam debat yang berlangsung lebih dari dua jam itu.

Effendi menyoroti Joko Widodo secara khusus dalam debat semalam. Menurut dia, kembalinya Joko Widodo menjadi Joko Widodo yang rileks merupakan hal menggembirakan bagi para pendukung mantan Wali Kota Solo itu.

Sebab pada Deklarasi Damai Pemilu Presiden beberapa waktu lalu, Joko Widodo tampak amat tegang. Gerak-geriknya begitu kaku, amat kontras dengan Prabowo yang luwes dan santai. Saat itu Joko Widodo mengatakan, dia terlihat tegang karena merasa lelah. (mm/vivanews)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL