prabowo hatta di mkJakarta, LiputanIslam.com — Setelah gugatan Tim Prabowo- Hatta terkait sengketa Pilpres ditolak oleh Majelis Hakim Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN), kini Tim Advokasi Merah Putih siap untuk melaju ke MA.

Didi Supriyanto, salah satu anggota  Tim Advokasi, mengatakan bahwa kubu Prabowo -Hatta saat ini tengah memfokuskan diri menguji materi sejumlah Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) di Mahkamah Agung (MA).

“Advokat Tim Merah Putih masih konsentrasi dengan kaitan yang tertunda di MA. Di MA bukan uji putusan Pilpres, tapi uji PKPU yang kami anggap di luar undang-undang,” ujar Didi, seperti dilansir Kompas.

Ada empat PKPU yang diajukan uji materinya oleh Tim Advokasi Merah Putih, antara lain PKPU nomor 9, PKPU nomor 19, PKPU nomor 21 dan PKPU nomor 31. PKPU itu berkaitan dengan Daftar Pemilih Khusus Tambahan (DPKTb), serta rekapitulasi suara Pilpres yang melalui desa serta kelurahan.

“Itu yang kami lakukan yaitu  judicial review di MA,” jelasnya.

Didi menekankan upaya uji materi empat PKPU di MA sama sekali bukan merupakan rencana menggagalkan hasil Pilpres 2014 atau mengacaukan putusan Mahkamah Konstitusi atas gugatan Pilpres 2014. Menurutnya, uji materi PKPU di MA semata-mata demi perbaikan proses pilpres ke depan.

“Jadi perlu dibedakan proses Pilpres dan hasil Pilpres. Putusan MK sudah final dan mengikat, yang kami permasalahkan itu proses Pilpres, jadi jangan dibilang kami mencari-cari celah,” ujarnya.

Sebelumnya, Majelis PTUN di Jakarta telah menolak gugatan tim hukum pasangan Prabowo–Hatta terhadap Komisi Pemilihan Umum (KPU) atas dugaan terjadinya kecurangan yang terstruktur, sistematis dan masif pada rekapitulasi suara pada pada Pilpres lalu.  Ketua Majelis Hakim, Hendro Puspito, menyebut perkara itu tidak termasuk dalam kewenangan PTUN.

“Menimbang bahwa yang menjadi obyek sengketa dan dimohonkan untuk dinyatakan batal atau tidak sah oleh para penggugat,” kata Hendro, Kamis 28 Agustus 2014. (ba)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL