Foto: Tribunnews.com

Foto: Tribunnews.com

Jakarta, LiputanIslam.com — Lantunan shalawat bergema menyambut datangnya Calon Presiden PDI Perjuangan Joko Widodo. Hadir dalam pengukuhan tim pemenangannya di Kramat Raya, Jokowi mengenakan kemeja kotak-kotak. Seperti dilansir Tribunnews.com, Rabu (29/5/2014), Jaringan Pelajar Nahdliyin (JPN) mendeklasrasikan dukungan kepada Jokowi-JK dalam Pemilihan Presiden 2014-2019.

Jokowi disambut dengan shalawatan oleh pelajar-pelajar tersebut. Mereka berasal dari berbagai daerah meliputi Jakarta, Banten, dan Jawa Barat. Kedatangan Jokowi juga dibarengi dengan teriakan “Jokowi Presiden” oleh mereka. Pembacaan kitab suci Al-Qur’an, dan nyanyian lagu Indonesia Raya turut mewarnai acara.

Lantas, apa saja visi misi Jokowi yang dipaparkan kepada JPN?

Jokowi menegaskan perlunya berorientasi dua hal dalam pembangunan Indonesia ke depan yakni masalah pangan dan energi. Menurut Jokowi melimpahnya hasil pangan Indonesia seharusnya dimanfaatkan oleh pemerintah dengan memperkuat produksi pertanian di negara agraris Indonesia.

“Sebagai negara agraris kita malah mengimpor hasil pertanian dari negara asing,” ujar Jokowi.

Ia mencontohkan produk pertanian Indonesia semacam beras, gandum, singkong, bawang, dan kedelai ternyata masih berharap dari produksi luar negeri.Menurut Jokowi, seharusnya produk pertanian di Indonesia diperkuat dengan membentuk sekolah kejuruan semacam sekolah pertanian. Hanya itu?

Jokowi juga menyayangkan adanya konversi lahan pertanian menjadi lahan lain. Ia berharap adanya regulasi yang jelas mengenai lahan pertanian tidak lagi dialihfungsikan menjadi lahan perumahan.

Ia menambahkan produk pertanian juga harus mempunyai riset dan berasal dari kontens lokal. Jokowi tidak menginginkan konsumsi beras Indonesia mengharapkan impor dari Vietnam dan Thailand. Harapannya, Indonesia harus menjadi negara produksi bukan negara konsumsi. (fa/LiputanIslam.com)

,

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL