DinoJakarta, LiputanIslam.com — Waspada dengan adanya campur tangan asing dalam menggiring opini masyarakat, Dino Patti Jalal beri peringatan kepada rakyat Indonesia. Ia meminta agar para petualang asing jangan sampai diberi ruang untuk mencampuri politik dalam negeri Indonesia

“Karena ini adalah cerminan dari integritas nasionalisme kita. Jangan berikan ruang pada orang luar untuk bergerilya dalam politik dalam negeri kita,” kata Dino, Minggu 29 Juni 2014 seperti dilansir Beritasatucom.

Dalam pilpres kali ini, Dino memilih netral dan tidak berpolitik praktis. Meski demikian, Dino menghimbau agar timses pendukung kedua pasangan capres cawapres agar peka terhadap adanya pihak luar yang berusaha mempengaruhi opini rakyat.

“Dalam hal yang prinsipil ini, kedua kubu harus sama-sama kompak,” ucap Dino.

Menurutnya, jika ada wartawan asing yang berpandangan negatif adalah wajar dan biasa. Namun yang disayangkan, jika media dan politisi Indonesia terlalu memberi ruang kepada asing untuk membentuk opini rakyat Indonesia.

“Itu pertanda kita tidak percaya diri dan nasionalisme yang gamang,” tegasnya.

Dino juga menjelaskan bahwa pada saat pemilu, negara-negara lain yang dicermatinya, seperti Amerika Serikat, India, Filipina, Brazil, Meksiko, dan lainnya tidak peduli pada pandangan wartawan asing pada proses pemilu yang sedang berlangsung di negaranya.‎

Di negara-negara tersebut, walaupun terjadi “gontok-gontokan” di dalam, tapi jika ada pihak luar yang berusaha mempengaruhi pilihan rakyat mereka pada pemilu, mereka tidak mempedulikannya.

Pernyataan Dino dilatarbelakangi oleh ulah jurnalis investigasi Amerika, Allan Nairn. Di blog pribadinya, www.allannairn.org, Allan Nairn mem-posting tulisan yang berjudul “Do I Have Guts,” Prabowo Asked, “Am I Ready To Be Called A Fascist Dictator?” yang mengungkapkan wawancaranya dengan Prabowo belasan tahun silam. Menurut Allan,  Prabowo sempat mengeluarkan statemen negatif tentang Gus Dur.

Akibat keterangan Allan ini, suhu politik tanah air semakin memanas. Apalagi Lily Wahid, adik dari Gus Dur yang mempercayai keterangan Allan, turut mengungkapkan kekecewaannya. Lily menilai Prabowo tak punya hati nurani karena menjelek-jelekkan Gus Dur. (ba)

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL