Foto: Antara

Foto: Antara

Jakarta, LiputanIslam.com – Komisi Pemilihan Umum menyatakan akan tetap melaksanakan proses rekapitulasi suara tingkat nasional pada Senin, 21 Juli 2014 kendati Tim Hukum Prabowo-Hatta  sempat mengancam mempidanakan KPU.

“Kami tetap menjadwalkan rapat pleno rekapitulasi suara seusai aturan yang sudah ditentukan,” kata Ketua KPU Husni Kamil Manik, di Gedung KPU Pusat, Jakarta.

Menurut Husni, hari ini merupakan hari kedua rekapitulasi nasional perolehan suara Pilpres yang dijadwalkan berlangsung selama tiga hari sejak Minggu (20/7) hingga Selasa (22/7).

“Jadi tidak ada yang bisa menghentikan. Rekapitulasi jalan terus,” ujar Husni.

Bukankah KPU diancam akan dipidanakan?

Husni menuturkan, kalaupun ada ancaman dari Tim Hukum Prabowo-Hatta yang akan mempidanakan KPU bila tetap menggelar rekapitulasi suara yang dinilai cacat hukum, pihaknya tidak terlalu memperdulikannya.

“Ancaman itu kan dari Tim Kuasa hukumnya saja, bukan dari Capres Prabowo,” tegasnya, seperti dilansir Antara.

Sebelumnya Tim Hukum Prabowo-Hatta Alamsyah, menilai banyak terjadi kecurangan di berbagai daerah dan memberikan batas waktu KPU hingga Senin pagi. Menurutnya, jika rekapitulasi nasional tetap dilanjutkan, maka tim pasangan nomor urut satu akan melaporkan KPU ke ranah hukum.

Pada hari pertama, Minggu, 20 Juli 2014, KPU menyelesaikan rekapitulasi suara tingkat nasional pada 15 propinsi dengan hasil sementara pasangan nomor urut satu Prabowo Subianto-Hatta Rajasa unggul dengan perolehan 13.176.384 suara, sedangkan pasangan nomor urut dua Joko Widodo-Jusuf Kalla meraup sebanyak 12.249.515 suara.

Dengan rekap tersebut pasangan Prabowo-Hatta unggul dengan selisih 926.869 suara dibandingkan Joko Widodo-Jusuf Kalla.

Ke-15 propinsi yang sudah selesai yaitu Kalimantan Barat, Nusa Tenggara Barat, Aceh, Sumatra Selatan, Kalimantan Selatan, Kepulauan Riau, Jambi, Bangka Belitung, DI Yogyakarta, Bengkulu, Sulawesi Barat, Kalteng, Gorontalo, Sulawesi Tenggara, dan Sumbar.

Sedangkan pada 18 propinsi lainnya akan dilakukan rekapitulasi pada Senin (21/7) dan Selasa (22/7) masing-masing dimulai pada pukul 10:00 WIB.  (ba)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL