pemiluJakarta, LiputanIslam.com–Pemungutan suara ulang di 3 kota yang berlangsung beberapa hari terakhir, memberikan kemenangan kepada pasangan Prabowo-Hatta.

Pemungutan Suara Ulang (PSU) dilakukan di satu TPS di Kota Bekasi, Jawa Barat, hari Senin (14/7) atas rekomendasi dari Panwaslu Kota Bekasi. Pasalnya, ditemukan sebanyak 30 surat suara rusak. Diduga, surat suara tersebut disengaja dirusak. Menurut laporan Merdeka.com, hasilnya adalah pasangan nomor urut satu menang, sama seperti pada pemungutan suara pada 9 Juli lalu. Bedanya, kali ini partisipasi pemilih menurun 608 menjadi 421, sedangkan DPT-nya mencapai 739 orang.

Berdasarkan penghitungan suara dalam PSU ini, pasangan nomor urut satu, Prabowo-Hatta meraih sebanyak 237 suara atau sekitar 56,29 persen, sedangkan pasangan nomor urut dua, Jokowi-JK  memperoleh 184 suara atau 43,71 persen. Sedangkan, pada 9 Juli lalu, TPS ini juga memenangkan Prabowo-Hatta dengan 391 suara, sedangkan pasangan Jokowi-JK  hanya meraih 217 suara.

PSU juga digelar di Kota Padang, Sumatera Barat, Minggu (13/7/2014). PSU ini dilakukan setelah ditemukannya indikasi pelanggaran, yaitu ada pemilih yang menggunakan kartu tanda penduduk (KTP) di luar domisil tanpa model A5.

Di TPS 10 Kepala Koto, Padang, ada 37 pemilih yang menggunakan KTP di luar Padang tanpa surat A5. Sementara itu, di TPS 23 Batang Kabung ada 103 pemilih yang melakukan itu.

Dalam pemilihan ulang di kedua TPS ini, seperti dilaporkan vivanews.com, pasangan calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut satu, Prabowo-Hatta, meraih 80 persen suara lebih.

PSU di TPS 004 Desa Lengkong Wetan, Kecamatan Sindangwangi, Kabupaten Majalengka, berlangsung pula pada Minggu (13/7/2014). Menurut Sindonews.com, PSU ini dimenangkan pasangan capres-cawapres Prabowo-Hatta dengan mengantongi 154 suara. Sementara, Jokowi-JK hanya meraih 92 suara.

PSU digelar karena TPS yang bersangkutan melakukan penghitungan suara di bawah pukul 13.00 WIB pada Pilpres 9 Juli 2014 kemarin. Hal itu bertentangan dengan UU dan peraturan yang berlaku. Barang bukti yang dimiliki antara lain fotokopi KTP pemilih, foto pembukaan kotak suara, dan keterangan sejumlah saksi.(dw)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL