jokowi-prabowo3Jakarta, LiputanIslam.com–Bila dalam debat capres pertama, Jokowi menimbulkan kehebohan di media sosial gara-gara ada kertas yang ‘nongol’ dari  balik jasnya (dan dicurigai sebagai kertas contekan), dalam debat capres kedua, Minggu (15/6/2014) malam yang lalu, capres nomor urut 1, Prabowo Subianto ramai dibicarakan.

Sejak kemarin, dunia maya dihebohkan oleh dua video yang beredar terkait perilaku Capres Prabowo. Video pertama adalah gestur Prabowo yang seperti tidak meladeni tawaran cium pipi dari calon presiden Joko Widodo (Jokowi). Peristiwa itu terekam kamera televisi Metro TV dan disiarkan secara langsung. Video tersebut kini telah diunggah di youtube (http://www.youtube.com/watch?v=k10oaHsX5Wc) dan hingga berita ini dibuat telah ditonton 81.614 kali.

Ketika itu, Jokowi yang didampingi calon wakil presiden Jusuf Kalla datang lebih dulu. Sebelum debat berlangsung, mereka lalu diarahkan ke ruangan yang disediakan Komisi Pemilihan Umum (KPU). Dalam rekaman, Jokowi terlihat menyalami para Komisioner KPU yang sudah berada di ruangan. Kemudian, Prabowo hadir. Jokowi langsung menyambut begitu Prabowo memasuki ruang tunggu. Sambil tersenyum dan berpandangan, keduanya lalu bersalaman.

Saat itu juga, Jokowi langsung menunduk dan memajukan kepalanya ke arah Prabowo untuk menawarkan “cipika-cipiki”. Ketika itu, tangan kiri Jokowi memegang lengan kanan Prabowo. Entah sengaja atau tidak, Prabowo malah berjalan dan menyalami orang-orang di dalam ruangan itu. Tawaran cium pipi tak disambut, Jokowi hanya menepuk lengan Prabowo. Jokowi tetap tersenyum setelah ditinggal mantan perwira tinggi TNI itu.

Kejadian itu berbeda ketika debat berlangsung, yang disiarkan di televisi. Saat keduanya masuk ruang debat, Jokowi langsung menghampiri Prabowo dan kembali menawarkan cium pipi. Kali ini, keduanya “cipika-cipiki”.Tak hanya itu, keduanya kembali “cipika-cipiki” ketika debat berlangsung. Saat itu, Prabowo mendukung pernyataan Jokowi soal ekonomi kreatif.

Video kedua (http://www.youtube.com/watch?v=ZqdtZMarj7k, detik ke-38) ramai didiskusikan di forum media sosial yang memiliki jutaan anggota, Kaskus. Rupanya, disinyalir, Prabowo sempat membisikkan kata ‘kampret’ setelah Jokowi menanyakan bagaimana cara meningkatkan peran TPID (Tim Pengendali Inflasi Daerah). Awalnya, Prabowo bertanya, apa kepanjangan TPID. Setelah dijelaskan Jokowi, Prabowo menjawab, “Ya, saya kan tidak menguasai setiap singkatan.”

Beberapa kaskuser (pengguna forum Kaskus) menyatakan mendengar jelas bisikan kata ‘kampret’ keluar dari mulut Prabwo setelah kata ‘singkatan’, namun ada juga yang menyangkal.

Akun tristan99 berkomentar: ternyata beneran ada. tadinya ane pikir cuma hoax. setel volume speaker sampai max, pasti kedengeran

Akun HusinZ berkomentar: mungkin hanya bergumam tak sengaja gan

Menjadi capres dan cawapres di alam demokrasi dan keterbukaan informasi memang sangat berat. Segala gerak-gerik mereka diawasi seksama oleh rakyat Indonesia. (dw)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL