HabibiJakarta, LiputanIslam.comThe Habibie Center, Senin 7 Juli 2014 merilis pernyataan tentang sikap politik mantan Presiden BJ Habibie terkait Pemilu Presiden 2014. Sebelumnya sempat santer beredar pemberitaan  terkait kehadiran Habibie, pada acara buka bersama yang juga diikuti calon presiden Prabowo Subianto dan para petinggi partai dalam koalisi pengusung pasangan Prabowo-Hatta. Kehadirannya di acara tersebut diartikan sebagai dukungan kepada salah satu pasangan capres-cawapres.

Benarkah BJ Habibie pemberitaan tersebut? Berikut ini pernyataan resmi dari The Habibie Center:

  1. Sampai saat ini BJ Habibie dan The Habibie Center tetap netral, dan sama sekali tidak memberikan dukungan kepada salah satu capres.
  2. Tadi malam BJ Habibie hadir di dalam acara buka bersama sebagai seorang sesepuh Golkar yang diundang oleh Ketum Golkar, Abu Rizal Bakrie.
  3. Hal ini (kehadiran Habibie pada acara buka bersama) sama sekali tidak mengisyaratkan dukungan Habibie pada salah satu capres.
  4. Meski demikian, Habibie memiliki kriteria calon presiden. Pandangan BJ Habibie terkait kriteria capres adalah sebagaimana halnya yang pernah disampaikannya dalam acara Mata Najwa.
  5. Kriterianya adalah: a. Berusia 50-60 tahun  b. Ada rekam jejak dalam memecahkan masalah yang dihadapi rakyat c. Tidak rangkap jabatan menjadi pimpinan partai.

Selain itu, dalam berbagai kesempatan The Habibie Center juga memberikan nasehat-nasehat penting terkait  kehidupan bermasyarakat, yang disampaikan oleh BJ Habibie.

“Mengingat kata-kata yang selalu menjadi nasihat Bapak B.J. Habibie: Mengetahui itu baik, tapi kalau diverifikasi pasti lebih baik, jangan mudah percaya akan apa yang Anda baca, sebaiknya verifikasi dulu.”

Tak ketinggalan, The Habibie Center juga mengajak warga untuk mendukung Pilpres yang bersih.

“Marilah bersama, kita bijak dan mendukung Pemilihan Presiden yang bersih, bertanggung jawab, santun dan menolak aksi yang merusak apa yang telah dibangun bersama selama 16 tahun reformasi,” seperti yang ditulis di timeline pada 3 Juli 2014. (ba)

 

 

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL