TPS 60 dan 61 Palembang (foto:Tribun)

TPS 60 dan 61 Palembang (foto:Tribun)

Jakarta, LiputanIslam.com–Hingar-bingar pilpres di media massa dan jejaring sosial, agaknya tidak membuat warga di sejumlah daerah antusias mendatangi TPS. Menurut pantauan beberapa media di berbagai daerah, TPS-TPS terlihat sepi pada Rabu (9/7/2014).

Di Aceh misalnya, serambinews.com melaporkan bahwa sejumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Aceh Timur, sepi pemilih. Antusias pemilih pada Pilpres sangat berkurang berbeda dengan besarnya jumlah pemilih pada Pileg lalu.

Wartawan bisnis.com yang menyambangi TPS di dekat rumah Ahmad Dhani juga menemukan hal serupa. TPS 064, Pondok Indah, Jakarta Selatan itu nyoblos sepi dari antrian. Bahkan, Ahmad Dhani sendiri hingga pukul 10.00 WIB tadi pagi belum muncul di TPS.

“Dari 606 DPT yang mendaftar, baru 82 suara yang mencoblos pada pagi ini,” kata Ketua PPS Fahrudin di Jakarta.

Sementara itu, TPS 5 Kelurahan Talang Semut Kecamatan Bukit Kecil Palembang juga terlihat sepi. Menurut pantauan tribunsumsel.com warga Palembang tidak terlihat antusias dalam pemilihan presiden kali ini.

Dari Bandung, Pikiran Rakyat (PR) melaporkan, TPS di Kampung Andir Desa Pakutandang, Kecamatan Ciparay, Kabupaten Bandung, sampai pukul 10.00 masih sepi. Wartawan PR menilai bahwa warga tampaknya kurang antusias untuk memilih.

TPS 065 Muara Karang, Kelurahan Pluit, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara, tempat Plt Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama ( Ahok ) menggunakan hak suaranya, terlihat sepi. Menurut pantauan merdeka.com, petugas Perlindungan Masyarakat (Linmas) setempat bahkan terpaksa berkeliling kompleks untuk memanggil para warga ke TPS.

Kompas.com juga melaporkan bahwa TPS III di Kelurahan Bugih, Kecamatan Pamekasan, Jawa Timur, sepi pemilih saat pencoblosan. Hingga pukul 11.30 WIB hanya didatangi 228 warga dari 431 pemilih.

Detik.com melaporkan, di TPS 29 Ciputat, hingga 10.30 masih sepi.

Hal ini jelas berbeda dengan membludaknya WNI di luar negeri yang datang ke TPS-TPS di berbagai penjuru dunia. Antusiasme yang tinggi di luar negeri membuat Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Husni Kamil Manik, optimis tingkat golput pada kali pilpres kali ini menurun.

“Optimis partisipasi pemilih akan lebih dari 75 persen, karena partisipasi di Malaysia, Singapura, Hongkong, Taiwan sangat signifikan. Berkisar dua hingga empat kali lipat,” jelasnya. Pertanda apakah ini?(dw)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL